Bola Internasional

Liga Jepang Tak Bersahabat, 5 Negara Ini Bisa jadi Pelabuhan Anyar Pratama Arhan

Rabu, 26 Oktober 2022 15:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Mengingat Liga Jepang tak bersahabat, lima negara ini bisa menjadi pelabuhan anyar bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan, jika tetap ingin melanjutkan karier di klub luar negeri.

Sebagaimana diketahui, kompetisi J2 League sudah tuntas. Tokyo Verdy tak sekali pun memberi Pratama Arhan peluang untuk bermain full time di sepanjang musim.

Dari total 42 pertandingan, Tokyo Verdy menang 16 laga, imbang 13 laga, dan kalah di 13 laga, sehingga finis di peringkat ke-9 dari total 22 kontestan Liga 2 Jepang 2022.

Pratama Arhan hanya diberi waktu total 45 menit bermain, itu pun hanya sekali. Nampaknya, kompetisi sepak bola Jepang terlalu ketat, tak bersahabat dengan pemain Indonesia.

Berikut INDOSPORT memberi rekomendasi lima negara dengan kultur sepak bola yang ramah dan cocok dengan Pratama Arhan.

1. Korea Selatan

Meski baru sada satu pemain Indonesia yang berkarier di K League 2, yaitu Asnawi Mangkualam, tetapi terbukti jika liga ini memberi kesempatan pada pemain luar.

Pada tahun pertama kedatangan Asnawi di musim 2021-22, Ansan Greeners memberi jam terbang pada pemain Indonesia itu, berupa 12 kali starter dan 2 kali dari bangku cadangan.

Memasuki tahun kedua, Ansan Greeners sudah tahu kualitas Asnawi, dan kapten Timnas Indonesia U-23 itu pun makin padu. Mereka tambah memberikan kepercayaan.

Asnawi seolah menjadi duta Indonesia di Korea Selatan, yang menunjukkan bahwa pemain racikan Shin Tae-yong memiliki kualitas. Pratama Arhan pun bisa dilirik.