Bola Internasional

Albirex Niigata dan Yokohama FC Promosi, Siap Ramaikan Kasta Teratas Liga Jepang Musim Depan

Kamis, 20 Oktober 2022 20:57 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Gelandang Yokohama FC, Shunsuke Nakamura berhasil membawa timnya promosi ke J1 League musim depan. Copyright: © Dok. J-League
Gelandang Yokohama FC, Shunsuke Nakamura berhasil membawa timnya promosi ke J1 League musim depan.

INDOSPORT.COM - Albirex Niigata dan Yokohama FC resmi jadi dua tim Meiji Yasuda J2 League yang mendapatkan tiket promosi ke kasta teratas musim depan.

Meiji Yasuda J2 League musim ini diikuti oleh 22 tim, tiga tim berpeluang promosi ke Meiji Yasuda J1 League.

Dua tim di posisi teratas akan otomatis mendapatkan tiket promosi, sedangkan tim di posisi ketiga sampai keenam akan melakoni laga play-off promosi terlebih dahulu, termasuk melawan tim peringkat 16 J1 League musim ini.

Kini, dua tiket promosi otomatis sudah disegel oleh dua tim, Albirex Niigata dan Yokohama FC.

Tak hanya promosi, Albirex Niigata juga merupakan juara Meiji Yasuda J2 League 2022. Ini adalah kali kedua Albirex Niigata juara J2 League setelah sebelumnya jadi pemenang pada gelaran 2003 lalu.

Sejak saat itu, Albirex Niigata bermain di kasta teratas sampai terdegradasi pada 2017 lalu. Kini, usai lima musim di kasta kedua, tim asal Prefektur Niigata tersebut siap kembali bersaing di kasta teratas musim depan.

Rikizo Matsuhashi adalah pelatih yang membawa Sang Angsa Putih juara musim ini, dalam musim pertamanya menjadi pelatih.

Musim lalu ia adalah asisten Albert Puig di Albirex dan jadi pelatih utama usai Puig hijrah ke F.C.Tokyo awal musim ini.

Di tangan Matsuhashi, Albirex yang musim lalu finis di posisi keenam klasemen, dibawanya menjadi juara dengan mengandalkan pemain-pemain seperti Ryosuke Kojima, pemain timnas Australia Thomas Deng, Ryotaro Ito, Kaito Taniguchi, hingga kapten tim Yuto Horigome.

Gelar juara ini juga membuat Albirex mengikuti jejak tim satelit mereka, Albirex Niigata Singapore, yang jadi juara Liga Singapura musim ini.