Liga Indonesia

Peran Besar Pemain Nusantara United Kenalkan Ivar Jenner dan Justin Hubner ke Indonesia

Rabu, 26 Oktober 2022 19:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Dua pemain keturunan yang akan dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner dan Justin Hubner. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Dua pemain keturunan yang akan dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner dan Justin Hubner.

INDOSPORT.COM - Pemain Nusantara United FC, Yussa Nugraha, ikut senang ketika Ivar Jenner dan Justin Hubner segera berseragam Timnas Indonesia. Yussa merupakan sosok yang ikut mengenalkan dua pemain keturunan ke sepak bola Tanah Air.

Sebelum kembali ke Indonesia sebagai pemain Persis Solo, Yussa Nugraha tinggal di Belanda sejak usia 8 tahun. Yussa yang memang gemar bermain sepak bola menjadi bagian klub-klub di Belanda selama bertahun-tahun.

Karir junior Yussa terbilang cukup bagus. Bahkan, Yussa pernah mendapat undangan untuk mengikuti seleksi Timnas Belanda U-14. Sebelum gabung Persis Solo tahun 2021, Yussa tercatat sebagai pemain HBS Craeyenhout.

Karir panjang Yussa di Belanda membuatnya mengenal beberapa pemain keturunan di Negeri Kincir Angin. Makanya, ketika Yussa mulai aktif membuat konten youtube saat pandemi tahun 2020, Yussa mewawancarai beberapa pemain keturunan.

Elkan Baggott menjadi salah satu pemain keturunan yang pernah dia wawancara dalam segmen Obrolan Ringan (OBRI). Dari wawancara bulan Juli 2020, tiga bulan kemudian Elkan benar-benar dipanggil Timnas Indonesia U-19.

Kini, jasa Yussa kembali berperan dalam mengenalkan Ivar Jenner dan Justin Hubner. Kedua pemain ini dia wawancara pada tahun yang sama.

Kala itu, kedua pemain belum memutuskan apakah akan membela Timnas Indonesia atau tidak. Kini, Ivar dan Justin datang ke Indonesia dan segera dinaturalisasi untuk proyeksi Piala Dunia U-20 2023.

Terkait kehadiran pemain-pemain keturunan di Timnas Indonesia, terutama sosok-sosok yang pernah dia wawancara, Yussa Nugraha ikut gembira.

"Senang akhirnya PSSI mau mencoba dan memakai jasa pemain keturunan," kata Yussa Nugraha, Rabu (26/10/22).

Konten youtube Yussa terbukti mengangkat pamor para pemain keturunan. Sayangnya, kesibukannya bersama Persis Solo pada tahun 2021 dan musim ini bersama Nusantara United membuat aktivitas youtube tak lancar lagi.