Liga Indonesia

Pernah Main di Timnas Belanda, Ini Alasan Ivar Jenner 'Membelot' ke Timnas Indonesia

Kamis, 27 Oktober 2022 16:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Gelandang keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, saat ini sedang berada di Jakarta untuk mengurus proses naturalisasi.  (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Gelandang keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, saat ini sedang berada di Jakarta untuk mengurus proses naturalisasi. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Gelandang keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, saat ini sedang berada di Jakarta untuk mengurus proses naturalisasi. Dia jadi salah satu nama yang diproyeksikan PSSI untuk membela Timnas Indonesia.

Ivar merupakan pemain rekomendasi pelatih Timnas, Shin Tae-yong. Dia masuk kriteria untuk dibawa ke Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia.

Pilihan Ivar untuk jadi WNI dan membela Timnas Indonesia pun jadi sorotan. Pasalnya, dia pernah dipanggil pelatih Martijn Reuser untuk memperkuat Belanda U-15. Dia bermain di pertandingan uji coba melawan Belgia pada 2019 lalu.

Ditanya soal hal tersebut, pemain 18 tahun itu lantas memberikan penjelasan. Kecintaannya terhadap Indonesia membuatnya tidak sulit membuat pilihan.

Pemain FC Utrecht U-21 itu juga kagum dengan militansi suporter Indonesia yang selalu memberikan support ke pemain.

"Indonesia adalah negara besar dengan penduduk, fans yang juga besar melebihi Belanda. Sebagai contoh adalah sosial media saya (Instagram) meningkat tajam dan mereka memberi pesan yang sangat baik, mereka mencintai saya dan menunjukkan rasa cinta kepada saya," buka Ivar.

"Itu sangat mengesankan. Jadi inilah pilihan saya," ujarnya. 

Ivar punya darah Indonesia yang mengalir dari sang nenek (pihak ayah) yang berasal dari Jember, Jawa Timur. Tak hanya itu, sang kakek juga punya darah Indonesia.

Dia langsung tertarik ketika mendapat tawaran bermain untuk Timnas Indonesia apalagi tim U-20 akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Namanya direkomendasikan langsung oleh pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong.

"Bagi saya, saya pikir ini pilihan (membela Timnas Indonesia) yang bagus. Saya memang bermain di Eropa, tetapi ketika ada kesempatan tampil di turnamen besar, Piala Dunia tahun depan, itu kesempatan yang bagus. Saya akan ambil," katanya.