In-depth

Xavi Bakal Dipecat, Ini 3 Pelatih Eks Juara Liga Champions yang Layak Dilirik Barcelona

Sabtu, 29 Oktober 2022 20:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Reuters/Nacho Doce
Tiga pelatih mantan peraih gelar Liga Champions yang mungkin layak dilirik klub Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, andai mereka resmi pecat Xavi Hernandez. Copyright: © Reuters/Nacho Doce
Tiga pelatih mantan peraih gelar Liga Champions yang mungkin layak dilirik klub Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, andai mereka resmi pecat Xavi Hernandez.

INDOSPROT.COM – Berikut tiga pelatih mantan peraih gelar Liga Champions yang mungkin layak dilirik klub Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, andai mereka resmi pecat Xavi Hernandez.

Sepanjang musim 22/23 ini, Barcelona memang tampil kurang maksimal di level Eropa lantaran hanya menempati posisi tiga klasemen sementara Grup C Liga Champions.

Bergabung bersama Bayern Munchen, Inter Milan serta Viktoria Plzen, skuat arahan Xavi Hernandez tersebut hanya bisa meraih satu kemenangan serta sekali imbang dari total lima laga.

Hasil tersebut membuat Barcelona gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions, dan harus puas turun kasta ke Liga Europa musim ini.

Berkaca dari pergerakan transfer sepanjang bursa transfer kemarin, apa yang diraih Barcelona dengan tersingkir dari Liga Champions, memang jadi sebuah kerugian amat besar.

Tercatat, Barcelona telah mengeluarkan dana hingga 115 juta euro untuk memboyong pemain-pemain sekelas Raphinha, Jules Kounde serta Robert Lewandowski.

Selain itu, Barcelona juga memperbesar keuangan mereka dengan sejumah tuas ekonomi agar bisa mendatangkan pemain-pemain gratisan dengan gaji mahal seperti Franck Kessie, Andreas Christensen dan Marcos Alonso.

Dengan pengeluaran yang cukup besar itu, tak heran jika penampilan buruk Barcelona di Liga Champions langsung mendapat sorotan tajam, terutama Xavi Hernandez selaku pelatih kepala Blaugrana.

Sadar akan posisinya yang tak aman usai gagal membawa Barcelona lolos ke 16 besar Liga Champions, Xavi pun belum lama ini disebut ikhlas dan pasrah apabila manajemen Barca ingin memutus kerja sama mereka.

Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak Barcelona, namun jika benar Xavi Hernandez akan didepak dari Camp Nou maka tiga pelatih eks juara Liga Champions berikut bisa jadi opsi buat Barca.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas: