Liga Inggris

Bawa Tottenham Menang Dramatis, Son Heung-min Tak Jadi Bahagia Gara-gara Tragedi Itaewon

Minggu, 30 Oktober 2022 13:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters/Peter Cziborra
Tragedi Itaewon yang sejauh ini menewaskan lebih dari 150 jiwa membuat warga Korea Selatan berduka termasuk bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min. Foto: REUTERS/Peter Cziborra Copyright: © Reuters/Peter Cziborra
Tragedi Itaewon yang sejauh ini menewaskan lebih dari 150 jiwa membuat warga Korea Selatan berduka termasuk bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min. Foto: REUTERS/Peter Cziborra

INDOSPORT.COM - Tragedi Itaewon yang sejauh ini menewaskan lebih dari 150 jiwa membuat warga Korea Selatan berduka, termasuk bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

Meski baru saja membantu klubnya menang dramatis atas Bournemouth di ajang Liga Inggris, Sabtu (29/10/22), pemain 30 tahun tersebut tidak bisa merayakan seperti biasa karena ikut prihatin dengan kabar buruk dari negaranya.

Yang dimaksud dengan tragedi Itaewon adalah peristiwa maut di distrik Itaewon di Seoul, Korsel, yang bermula dari perayaan Halloween.

Antusiasme yang besar dari wisatawan domestik maupun mancanegara untuk ikut meramaikan acara ini membuat sekitar 100.000 orang datang. Terutama setelah tidak ada lagi imbauan untuk menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Sayang, banyaknya pengunjung membuat jalanan dan lorong-lorong yang memang tidak luas membuat orang-orang berdesakan tanpa bisa keluar. Hasilnya korban pun berjatuhan.

Terinjak-injak dan kehabisan nafas jadi penyebab utama meninggalnya 151 orang di distrik Itaewon. Kebanyakan di antaranya masih berusia remaja dan anak muda di kisaran 20 tahun.

Info dari BBC mengklaim bahwa 19 di antara korban jiwa adalah warga negara asing yang mana kemudian semakin membuat kejadian ini disorot oleh media internasional.

Pihak polisi dan tenaga medis sempat dikerahkan untuk mengendalikan situasi. Pertolongan pertama berupa CPR sempat diberikan, namun sejumlah korban masih butuh dilarikan ke rumah sakit atau bahkan tidak terselamatkan lagi.

Son Heung-min yang tengah beraksi di lapangan hijau saat kejadian terjadi tentunya sedih mendengar kabar soal distrik Itaewon.

Mantan penggawa Hamburger SV dan Bayer Leverkusen itu kemudian menyampaikan belasungkawa pada para korban via postingan Instagram.