Piala Dunia 2022

Dihujat Sana-sini, Segini Biaya Fantastis yang Dihabiskan Qatar untuk Gelar Piala Dunia 2022

Minggu, 30 Oktober 2022 22:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bertindak sebagai tuan rumah, Qatar menghabiskan biaya yang cukup besar untuk bisa menggelar kompetisi sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bertindak sebagai tuan rumah, Qatar menghabiskan biaya yang cukup besar untuk bisa menggelar kompetisi sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Bertindak sebagai tuan rumah, Qatar menghabiskan biaya yang cukup besar untuk bisa menggelar kompetisi sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, gelaran Piala Dunia 2022 akan datang 27 hari lagi, tepatnya dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Sebanyak 32 negara dari lima konfederasi akan saling berjibaku demi menjadi raja sepak bola dunia, termasuk tuan rumah Qatar yang juga salah satu wakil konfederasi Asia (AFC).

Pada 2010, Qatar resmi dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Mereka memenangkan suara terbanyak dalam pemungutan suara dari 22 anggota eksekutif induk sepak bola dunia (FIFA).

Qatar mengalahkan empat pesaing lainnya. Keempat negara itu adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

Tak hanya memenangkan suara terbanyak, Qatar dianggap bisa jadi tuan rumah karena negara ini memenuhi kriteria FIFA untuk menggelar pesta sepak bola empat tahunan ini.

Negara Timur Tengah ini terkenal sangat kaya dan dinilai punya sumber daya memadai. Terbukti dengan total PDB Qatar yang mencapai USD146,4 miliar pada tahun 2020.

Bukan hanya itu, pemerintah Qatar embuktikan keseriusannya dengan merenovasi delapan stadion untuk venue putaran final Piala Dunia 2022.

Lantas, berapa biaya yang dihabiskan Qatar untuk memantaskan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 ini?

Seorang penyiar televisi dari CNBC, Niguel D’Souza, menulis di akun Twitter-nya bahwa Qatar menghabiskan biaya 220 miliar dolar untuk Piala Dunia 2022.