In-depth

Dinasti Penyerang Buangan Manchester United yang Berjaya di Liga Spanyol, Terbaru Ada Cavani!

Minggu, 30 Oktober 2022 18:38 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Clive Brunskill/Getty Images
Selebrasi gol Edinson Cavani di laga Everton vs Manchester United. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Selebrasi gol Edinson Cavani di laga Everton vs Manchester United.

INDOSPORT. COM - Manchester United diketahui telah beberapa kali melakukan kebijakan menjual penyerangnya kepada klub-klub Liga Spanyol.

Kisah yang paling mentereng tentu saja ketika Man United melepas Cristiano Ronaldo ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2009.

MU menerima uang sebesar 94 juta euro dari hasil penjualan CR7, yang mana kala itu memecahkan rekor transfer termahal dunia.

Singkat cerita, karier Ronaldo sejak membela El Real makin melejit drastis, dan meraih banyak gelar bergengsi di sana, baik untuk level klub, maupun untuk prestasi pribadi.

Namun kisah Ronaldo tadi bukanlah termasuk kebijakan yang mudah mudah untuk MU ikhlaskan, mengingat peran penting sang pemain buat klub.

Berbeda dengan kisah-kisah penyerang yang hendak INDOSPORT jabarkan kali ini, kepergian mereka ke Liga Spanyol memang diinginkan oleh manajemen Setan Merah.

Penilaian manajemen ataupun pelatih berpendapat bahwa kontribusi mereka tidak cukup baik untuk kelangsungan prestasi klub, sehingga kemudian mereka dilepas begitu saja.

Menariknya, meski telah dibuang Man United, mereka malah mendapati perjalanan karier yang sukses besar setelah pindah ke klub Liga Spanyol.

Lantas, siapa sajakah para penyerang buangan Manchester United yang menemui kesuksesan dan mampu menapaki kejayaan di pentas LaLiga?

1. Edinson Cavani

© Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images
Aksi Edinson Cavani dalam laga Manchester United vs Paris Saint-Germain Copyright: Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty ImagesAksi Edinson Cavani dalam laga Manchester United vs Paris Saint-Germain

Edinson Cavani pertama kali datang ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2020 dengan status free transfer.

Ia mendarat di Old Trafford setelah kontrak di klub lamanya, Paris Saint-Germain (PSG), habis dan tidak diperpanjang.

Kiprah Cavani bersama MU sebenarnya cukup bagus, terutama pada musim perdananya yang menghasilkan 17 gol berbagai ajang.

Namun, pada musim berikutnya, Cavani perlahan kehilangan menit bermain reguler, seiring momen kembalinya Cristiano Ronaldo ke Man United.

Manajemen MU lantas memilih mendepak Cavani di akhir musim 2021/22. Sang bomber Uruguay dibiarkan pergi dalam kondisi kontrak habis.

Dibuang begitu saja oleh MU, Cavani kemudian melanjutkan kariernya bersama klub Liga Spanyol, Valencia, gabung sejak musim panas 2022 kemarin.

Performa Cavani di lini depan Valencia ternyata memukau, sejauh ini mampu menghasilkan empat gol hanya dari enam penampilan saja.

Bahkan, Cavani diketahui selalu mampu mencetak gol dalam tiga penampilan terakhirnya membela Valencia di pentas Liga Spanyol.