Liga Inggris

Liga Inggris: Liverpool vs Leeds Jadi Kuburan Bagi Rekor Fantastis Virgil van Dijk

Minggu, 30 Oktober 2022 18:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters/David Klein
Kekalahan Liverpool dari Leeds United di Liga Inggris 2022/2023 tidak hanya menipiskan kans juara saja namun juga mengakhiri rekor Virgil van Dijk. Copyright: © Reuters/David Klein
Kekalahan Liverpool dari Leeds United di Liga Inggris 2022/2023 tidak hanya menipiskan kans juara saja namun juga mengakhiri rekor Virgil van Dijk.

INDOSPORT.COM - Kekalahan Liverpool dari Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris (Premier League) 2022-2023 tidak hanya menipiskan kans juara mereka saja namun juga mengakhiri rekor Virgil van Dijk.

Bek asal Belanda itu harus menghentikan laju 70 pertandingan liga domestik tanpa kalah di Anfield sejak ia bergabung bersama The Reds pada Januari 2018.

Dalam kurun waktu sekitar empat tahun terakhir, Van Dijk dianggap seagai salah satu pemain bertahan terbaik dunia.

Suksesnya membawa Liverpool menjuarai trofi Liga Inggris dan Liga Champions jadi bukti utama predikat tersebut pantas ia pegang namun capaiannya tidak hanya itu.

Van Dijk juga bisa membuat Anfield menjadi markas yang angker untuk lawan-lawan Merseyside Merah. Total sebelum laga melawan Leeds pada Minggu (30/10/22) dini hari tadi ia mengumpulkan 59 kemenangan dan 11 imbang dari 70 kali tampil di hadapan publik Liverpool.

Hanya saja rekor tersebut harus terhenti dan ironisnya karena performa buruk sang defender sendiri.

Di gol pertama Leeds yang dicetak oleh Rodrigo Moreno, kambing hitam utamanya memang Joe Gomez namun apabila Van Dijk tidak lengah dalam menjaga sang penyerang yang tepat berada di sisinya maka mungkin gol tidak akan tercipa.

Pada gol kedua The Whites lagi-lagi eks Groningen dan Celtic FC itu juga berperan besar karena tidak melakukan marking dengan optimal.

Andai Van Dijk bisa memotong bola crossing dari Wilfried Gnonto dan mencegah Patrick Bamford menyediakan assist untuk Crysencio Summerville, rekornya di Anfield mungkin bisa bertahan lebih lama lagi.

Gara-gara blundernya pula Liverpool semakin terpuruk di Liga Inggris 2022-2023 dengan koleksi 16 poin selama 12 pekan. Posisi kesembilan klasemen sementara pun layak dihuni klub juara edisi 2019-2020 tersebut.