Liga Indonesia

Metode Baru Tempa Kiper Bali United, Marcelo Pires Hadirkan Alat Mutakhir dari Inggris

Senin, 31 Oktober 2022 18:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Bali United
Pelatih kiper Bali United, Marcelo da Silva Pires, mendatangkan alat baru yang canggih dari Inggris untuk menambah variasi latihan. (Foto: Bali United) Copyright: © Bali United
Pelatih kiper Bali United, Marcelo da Silva Pires, mendatangkan alat baru yang canggih dari Inggris untuk menambah variasi latihan. (Foto: Bali United)

INDOSPORT.COM - Deretan kiper klub Liga 1, Bali United, akan mendapat tempaan baru mulai akhir Oktober ini. Sang pelatih kiper, Marcelo da Silva Pires, mendatangkan alat baru dari Inggris untuk menambah variasi latihan.

Marcelo Pires menggunakan pendekatan teknologi dalam menempa deretan penjaga gawang Bali United, mulai dari Nadeo Argawinata, Muhammad Ridho Djazulie, Rakasurya Handika dan I Komang Aryantara.

Sebelum ini, Marcelo Pires menggunakan Ball Launcher. Mesin ini digunakan untuk mengarahkan bola secara kencang ke titik yang diinginkan. Dengan Ball Launcher ini, Nadeo dkk. dilatih untuk mengantisipasi sepakan jarak jauh lawan.

Kini, sebuah alat baru dihadirkan Marcelo Pires. Tak sekadar mengarahkan bola dengan kencang, alat baru bernama Prodeflect 2 ini melatih para kiper untuk mengantisipasi perubahan arah bola secara mendadak.

Prodeflect 2 ini mulai digunakan dalam sesi latihan Jumat (28/10/22) sore. Ternyata, alat ini didatangkan dari Inggris dan sudah banyak digunakan di negara asalnya.

Di Indonesia, Bali United menjadi tim pertama yang menggunakan Prodeflect 2. Nadeo, Ridho, Raka dan Komang pun bisa berlatih reaksi lebih intens lagi.

"Alat bantu ini bernama Prodeflect 2 yang diciptakan oleh pelatih kiper Inggris, James Hollman. Fungsinya yang pasti melatih gerakan reaksi penjaga gawang terutama saat arah bola mengalami deflect atau berbelok arah," ucap Marcelo Pires.

Penggunaan alat baru ini cukup dinikmati para kiper Bali United, salah satunya Nadeo. Ketika penjaga gawang dilatih dengan berbagai metode dan alat mumpuni, kemampuan juga bisa terus berkembang.

"Pastinya sebagai pemain, saya merasa bersyukur bisa merasakan sesi latihan dengan alat bantu Prodeflect 2 ini. Apalagi yang saya tahu, Bali United adalah tim pertama dari Indonesia yang memakai alat ini untuk melatih penjaga gawang," jelas Nadeo.