Liga Indonesia

Liga 1 Tak Jelas, RD Ungkap Kerugian dan Keuntungan yang Dialami Rans Nusantara FC

Rabu, 2 November 2022 19:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan uji coba antara RANS Nusantara FC vs RANS Nusantara FC U-20 di Lapangan A Senayan, Rabu (02/11/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan uji coba antara RANS Nusantara FC vs RANS Nusantara FC U-20 di Lapangan A Senayan, Rabu (02/11/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Rans Nusantara FC, Rahmad Darmawan, mengatakan tetap menjalankan latihan rutin, meski Liga 1 Indonesia 2022-2023 tengah distop sementara. Dia tidak ingin kondisi fisik dan mental pemain terganggu.

Seperti diketahui, Liga 1 2022-2023 dihentikan sementara imbas Tragedi Kanjuruhan. Kompetisi rencananya baru akan digulirkan lagi pada akhir bulan ini.

Selama vakumnya Liga 1, Rans FC terus berlatih dan menggelar sejumlah laga uji coba. Waktu libur yang diberikan tak terlalu lama agar pemain tetap berada dalam kondisi terbaik.

"Yang pasti kami sempat mengistirahatkan pemain selama sembilan hari dan mereka baru masuk pekan lalu," kata Rahmad Darmawan usai memimpin laga uji coba vs Rans U-20 di Lapangan ABC Senayan, Rabu (2/11/22).

"Minggu lalu kami pelan-pelan membenahi fisik lagi, karena pasti sembilan hari libur ada penurunan kondisi fisik," imbuh Coach RD, sapaan akrabnya.

Menurut pelatih yang akrab disapa RD itu, kondisi fisik pemain menjadi fokus utama. Pasalnya, kepastian kapan kick-off lanjutan Liga 1 2022-2023 masih abu-abu, sehingga yang paling ideal saat ini adalah menjaga hal tersebut.

"Sambil menunggu kepastian kompetisi dimulai karena enggak mudah buat kami mengatur bagaimana di mana peak (puncak) mereka," jelasnya.

Selama vakumnya Liga 1 2022-2023, Rans Nusantara FC telah menggelar enam laga uji coba lawan klub Liga 2 dan Liga 3. Hasilnya adalah empat kali menang dan dua kali imbang.

Rahmad Darmawan menilai, vakumnya Liga 1 2022-2023 memberikan sedikit kerugian dan keuntungan bagi dirinya untuk lakukan evaluasi mengingat Rans FC belum tampil maksimal dalam 11 pertandingan.

Pasalnya, tim promosi milik Raffi Ahmad itu baru mencatatkan dua kemenangan, empat kali seri, dan lima kekalahan dari 11 laga tersebut.

"Mungkin sebetulnya waktu itu kami lagi tren positif terutama dalam beberapa pertandingan terakhir. Tapi itu bukanlah alasan. Kesempatan buat semua tim termasuk kami melatih dengan lebih baik lagi," tutur Rahmad Darmawan.