Liga Indonesia

Liga 1: Bek Bali United Ini Operasi Lagi, Ternyata Sudah Lama Rasakan Sakit

Kamis, 3 November 2022 15:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek klub Liga 1 Bali United, I Made Andhika Wijaya, baru saja menjalani operasi cedera pada bagian pergelangan kaki kanan. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek klub Liga 1 Bali United, I Made Andhika Wijaya, baru saja menjalani operasi cedera pada bagian pergelangan kaki kanan.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari bek klub Liga 1 Bali United, I Made Andhika Wijaya. Jebolan Bali United U-21 baru saja menjalani operasi cedera pada bagian pergelangan kaki kanan.

Andhika Wijaya termasuk pemain yang konsisten menjadi bagian dari tim inti Bali United. Pada era Stefano Cugurra Teco, Andhika menjadi salah satu andalan di sektor bek kanan.

Liga 1 2021/2022 menjadi salah satu performa terbaik Andhika di Bali United. Pemain kelahiran 12 Juli 1996 ini tampil 30 kali dari total 34 pertandingan pada musim itu.

Catatan itu jauh melesat ketimbang statistik di Liga 1 2019 di mana Andhika hanya tampil dalam 16 pertandingan. Pos bek kanan dia tempati bergantian dengan Dias Angga Putra.

Namun, tak banyak yang tahu jika dalam tiga tahun ini Andhika mengalami cedera. Ia kerap merasakan sakit ketika berlari maupun menendang bola.

Ternyata, cedera pergelangan kaki atau engkel pada kaki kanan menjadi masalahnya. Ada tulang tumbuh yang membuat Andhika mengambil keputusan untuk operasi pada tahun ini.

"Kata dokter tim ini jalan yang terbaik, karena kalau tidak operasi pasti akan kembali kambuh lagi," kata Andhika, Rabu (02/11/22).

Cedera ini dirasakan Andhika pada Piala Presiden 2019 lalu. Namun setelah itu, Andhika sempat tak merasakan sakit hingga keputusan operasi tak diambil.

Namun, rasa sakit pada tahun ini sudah tak tertahankan lagi. Andhika merasa masalah pada pergelangan kaki kanan sudah mengganggu performanya saat latihan maupun bertanding.

"Baru kembali terasa saat ini yang disebabkan tumbuhnya tulang baru di bagian pergelangan kaki kanan atau ankle bagian depan. Setiap lari atau menendang pasti sakit, jadi harus dioperasi untuk membersihkan tulang tersebut," jelas Andhika.