In-depth

Pernah Cetak Gol di Inggris, 4 Jebolan Garuda Select Ini Tak Dilirik Timnas Indonesia dan Terlupakan

Jumat, 4 November 2022 16:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Penggawa Timnas Indonesia dan jebolan Garuda Select, Amanar Abdillah. Copyright: © PSSI
Penggawa Timnas Indonesia dan jebolan Garuda Select, Amanar Abdillah.

INDOSPORT.COM - Pernah mencetak gol di Inggris, empat pemain jebolan Garuda Select ini justru terlupakan dan belum dilirik Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan memasuki musim kelima di akhir tahun 2022 atau pada awal 2023 nanti.

Banyak bibit muda berkualitas yang lahir dari program Garuda Select, beberapa dari mereka sukses melesakkan gol di Inggris.

Namun, seiring dengan kesuksesan mereka, ada pula beberapa pemain yang tak pernah dilirik oleh Timnas Indonesia, bahkan masih ada beberapa pemain yang gagal bermain di Liga 1, hingga harus turun level ke Liga 2.

Berikut INDOSPORT.com merangkum empat pemain jebolan Garuda Select yang tak dilirik Tim Nasional dan mulai terlupakan.

1. Amanar Abdillah

Nama Amanar Abdillah bersinar di Timnas Indonesia kelompok usia muda. Akan tetapi, setelah mengikuti program Garuda Select, kiprahnya mulai meredup dan menghilang.

Amanar Abdillah mencetak total tujuh gol selama di Inggris, salah satunya ke gawang Blackburn Rovers. Ia bahkan mencetak gol tercepat, dalam kurun waktu 8 detik saja, saat Garuda Select menghadapi Reading.

Sayangnya, kiprah Amanar Abdillah tidak semulus rekannya sesama jebolan Garuda Select angkatan pertama yang sudah eksis di Liga 1, bahkan berkarir di luar negeri.

Dinukil dari Transfermarkt, Amanar Abdillah sebelumnya sempat bermain di akademi Bhayangkara FC dan Persis Solo. Namun kini, ia pulang ke kampung halaman dan membela Persiraja Banda Aceh di Liga 2.