Bola Internasional

TC Timnas Jelang Piala AFF 2022 Tanpa Shin Tae-yong, Ditangani Bima Sakti?

Sabtu, 5 November 2022 07:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dijadwalkan jalani pemusatan latihan di Bali mulai 18 November mendatang. Itu untuk persiapan Piala AFF 2022 yang digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. 

Akan tetapi, kemungkinan besar awal latihan Timnas Indonesia tidak didampingi pelatih kepala, Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu masih memimpin TC Timnas Indonesia U-20 di Eropa hingga 4 Desember nanti. 

"Iya, rencananya dalam rangka persiapan AFF akan di Bali TC-nya. Rencana Shin 28 November," kata Sekjen PSSI.

Shin Tae-yong dikatakan akan menyiapkan program latihan bersama direktur teknik PSSI, Indra Sjafri untuk pekan awal pemusatan latihan Timnas Indonesia.

PSSI juga tidak bisa memastikan siapa yang akan menangani tim saat Shin Tae-yong belum tiba di Indonesia. Dikonfirmasi sosok pelatih Timnas U-17, Bima Sakti, Sekjen PSSI enggan berspekulasi.

"Bisa jadi beliau (Shin Tae-yong) masih fokus di sana, nanti akan diatur dirtek dan sementara sedang menyusun roadmap," jelas Yunus Nusi.

"Belum tahu penggantinya, Indra Sjafri yang akan mengatur. Nanti kalau sudah ada keputusan koordinasi STY dan Indra Sjafri," lanjutnya ketika disinggung nama Bima Sakti.

Meski dijadwalkan mulai 28 November di Bali, Sekjen PSSI belum bisa memastikan berapa lama digelarnya pemusatan latihan. Hal itu menunggu keputusan Shin Tae-yong karena dia yang paling tau kebutuhan timnya.

"Kenapa TC di Bali, bisa nanti tanya ke STY sama Indra Sjafri, mereka yang punya pertimbangan-pertimbangan," tutur Yunus.

"Belum tahu (sampai kapan) yang pasti direktur teknik dan Shin harapannya ada di Bali, kemudian kapan selesainya nunggu Shin pulang dari Eropa," lanjutnya.