Bola Internasional

Gudangnya Pemain Hebat, Inilah 5 Kiper Jerman Terbaik Sepanjang Masa

Senin, 7 November 2022 17:08 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Jens lehmann, saat masih di Arsenal. Copyright: © Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Jens lehmann, saat masih di Arsenal.

INDOSPORT.COM - Jerman dikenal sebagai negara penghasil kiper terbaik dunia. Dari banyaknya kiper hebat yang dimiliki, terdapat lima kiper yang benar-benar terbaik.

Sejak dulu, kualitas kiper Jerman memang tak perlu diragukan lagi. Keberhasilan klub maupun Timnas Jerman juga dipengaruhi oleh kehebatan sang kiper.

Tidak hanya tangguh di bawah mistar, beberapa kiper Jerman juga kerap membantu serangan timnya sehingga berbuah gol.

Berikut lima kiper Jerman terbaik sepanjang masa.

Jens Lehmann

Prestasi Jens Lehmann memang lebih mentereng di level klub ketimbang di Timnas Jerman. Di klub, dia meraih sejumlah prestasi.

Mulai dari 10 tahun berkarier di Schalke 04 sejak 1988-1998, Lehmann menjuarai Piala UEFA 1997. Setelahnya, dia bergabung dengan AC Milan.

Sayangnya di klub Italia ini, karier Lehmann justru menurun. Pada 2003, dia memutuskan pindah dan kembali ke Jerman untuk gabung ke Borussia Dortmund.

Bersama Dortmund, Lehmann sukses menjuarai Bundesliga 2001-2022 dan mencapai final Piala UEFA di tahun yang sama.

Setelah lima tahun di Dortmund, dia pergi ke Inggris dan gabung ke Arsenal. Di sini, dia menjadi skuad penting dalam Arsenal meraih invicible pada 2003-2004.

Semusim berikutnya, dia juga memenangi Piala FA dan meraih penghargaan Man of the Match usai mengalahkan Manchester United di final.

Sementara di level timnas, Lehmann membawa Jerman menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2006 usai mengalahkan Portugal dengan skor 3-1.