Liga Indonesia

PSSI Ajukan Stadion Pakansari dan JIS untuk Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Selasa, 8 November 2022 18:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, membocorkan jika federasi sudah mengajukan dua stadion untuk kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, membocorkan jika federasi sudah mengajukan dua stadion untuk kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, membocorkan jika federasi sudah mengajukan dua stadion untuk kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Dua stadion itu adalah Stadion Pakansari dan Stadion JIS.

Menurut Ketum PSSI, opsi pertama bagi Timnas Indonesia adalah bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Renovasi lapangan atau rumput venue tersebut telah selesai dan kabarnya bisa dipakai pada Desember mendatang.

Stadion Pakansari dan JIS adalah opsi cadangan, apabila Stadion GBK tidak bisa dipakai. Pasalnya, GBK akan digunakan di Piala Dunia U-20 2023 dan FIFA mengimbau enam stadion terpilih harus steril mulai saat ini hingga Mei tahun depan.   

"Ya kemarin kami ajukan dua tempat yakni di Pakansari sama JIS. GBK update terakhir Desember bisa dipakai, kalau bisa di GBK, ya GBK, tapi kalau enggak ya JIS, kalau itu enggak bisa juga, ya Pakansari," ujar ketum PSSI. 

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan SUGBK tidak boleh digunakan untuk konser dan kegiatan lainnya hingga pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Keputusan ini dibuat karena SUGBK sudah masuk daftar stadion yang telah disetujui FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Berdasarkan kesepakatan, SUGBK dan stadion-stadion lainnya harus steril dari kegiatan apa pun sejak enam bulan sebelum Piala Dunia U-20.

"Nanti kami akan komunikasikan (ke Menpora) bisa atau tidaknya (pakai GBK). Ya kalau enggak bisa, kita cari lagi," jelas ketum PSSI.