Liga Indonesia

Bocoran Surat FIFA, GBK dan 5 Stadion Lain Wajib Steril Sebelum Piala Dunia U-20 2023

Rabu, 9 November 2022 15:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Direktur utama PPK-GBK, Rakhmadi Afif Kusuma, mengungkapkan telah menerima surat dari FIFA soal aturan pemakaian Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Direktur utama PPK-GBK, Rakhmadi Afif Kusuma, mengungkapkan telah menerima surat dari FIFA soal aturan pemakaian Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

INDOSPORT.COM - Direktur utama PPK-GBK, Rakhmadi Afif Kusuma, mengungkapkan telah menerima surat dari FIFA soal aturan pemakaian Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dan lima venue sebelum Piala Dunia U-20 2023. Dalam surat itu dijelaskan, GBK dan lima stadion lain wajib steril 14 hari sebelum kejuaraan.

Seperti diketahui, Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Kapten I Wayan Dipta (Bali) disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Dalam surat FIFA yang diterima INDOSPORT dijelaskan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 ternyata penutupan stadion tak membutuhkan waktu lama.

Berdasarkan regulasi FIFA yang mengatur penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang diterbitkan pada Oktober 2022, disebutkan bahwa penutupan venue wajib dilakukan 14 hari sebelum kejuaraan mulai bergulir.

Hal ini berdasarkan pada regulasi bab V artikel 19, yang membahas soal stadion, poin 19.3. Namun, penutupan bisa dilakukan lebih awal, dengan syarat ada kondisi atau situasi yang memaksa FIFA melakukan hal itu.

“Stadion untuk Piala Dunia U-20 2023 tidak boleh digunakan untuk pertandingan atau ajang lain setidaknya 14 hari jelang sepak mula Piala Dunia U-20 2023 (bisa lebih awal jika ada situasi khusus),” bunyi regulasi FIFA.

Informasi dalam surat itu sedikit berbeda dengan apa yang sebelumnya disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yang mengatakan bahwa GBK dan lima stadion tak boleh dipakai, terhitung dari November sampai Mei 2023.

Akan tetapi, apa yang dijelaskan Menpora juga tidak salah. Hal itu memang berdasarkan imbauan FIFA.