Liga Indonesia

Persiapan Piala Dunia U-20 2023, Stadion GBK Diminta Benahi Detail Ini

Rabu, 9 November 2022 07:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Direktur utama PPK-GBK, Rakhmadi Afif Kusumo. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Direktur utama PPK-GBK, Rakhmadi Afif Kusumo.

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PPK-GBK, Rakhmadi Afif Kusumo, menyebut Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hanya perlu melakukan renovasi minor untuk dipakai di Piala Dunia U-20 2023. Detail yang menjadi fokus adalah pagar pembatas.

Menurut Afif, SUGBK sejatinya sudah sangat siap menggelar pertandingan level internasional. Renovasi lapangan atau rumput sudah dilakukan dan kondisinya sudah 98 persen siap pakai.

Untuk Piala Dunia U-20 2023, Dirut PPK-GBK menjelaskan hanya perlu penyesuaian untuk pagar pembatas. Pasalnya, FIFA dikatakan meminta pagar pembatas kaca yang ada di barisan depan tidak perlu dipakai.

"Untuk di GBK tinggal minor, jadi kami memilki audit dari PSSI dan FIFA juga. Hasil audit FIFA misalnya, pagar-pagar di batas duduk depan tidak perlu karena pada umumnya memang tidak ada," kata Rakhmadi Afif Kusumo, Selasa (8/11/22).

Selain itu, kursi-kursi yang tidak dalam kondisi bagus akan diganti, lalu kebutuhan awak media di media center akan diperbarui karena akan ada siaran langsung dalam kapasitas besar.

Untuk itu, Dirut PPK-GBK mengimbau kepada penonton di Piala Dunia U-20 2023 untuk bersikap dewasa dengan menjaga fasilitas yang ada.

"Sheet yang kurang baik ya kami perbaiki, media center akan kami tambah koneksinya karena akan ada live show. Sebenarnya hanya minor-minor saja renovasinya," jelas Afif Kusumo.

Lebih lanjut, Dirut PPK-GBK akan bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga pada Rabu (9/11/22) untuk membicarakan pemakaian Stadion GBK sebelum Piala Dunia U-20 2023.