Piala Dunia 2022

7 Pemain dari Keluarga Imigran Hiasi Skuat Australia di Piala Dunia 2022

Kamis, 10 November 2022 17:15 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© GettyImages
Milos Degenek pesepak bola Timnas Australia Copyright: © GettyImages
Milos Degenek pesepak bola Timnas Australia

INDOSPORT.COM - Negara-negara peserta Piala Dunia 2022 mulai mengumumkan skuat mereka, termasuk Australia. Dari skuat Australia, terdapat 7 pemain dari keluarga imigran yang akan tampil di Qatar. 

Baru-baru ini, keberadaan para pemain dengan latar belakang keluarga imigran memang menarik untuk dibahas. 

Apalagi jika kita melihat tim nasional Australia, yang dalam beberapa tahun terakhir jarang menunjukkan keberagaman dalam skuatnya. 

Para pemain dengan ras kulit putih atau keturunan Eropa, terutama keturunan negara-negara Britania Raya alias United Kingdom. Mengingat mereka merupakan negara bekas jajahan Inggris.

Sebenarnya, Australia memang sudah dikenal sebagai negara yang banyak menampung imigran dari berbagai negara lain. 

Mengutip dari Australian National Maritime Museum, gelombang pertama imigran ke Australia terjadi sepanjang abad ke-18 dan ke-19, yang mayoritas narapidana Inggris, Skotlandia dan Irlandia.

Dalam waktu cepat, populasi mereka terus bertambah bahkan melebihi warga negara asli Austrlia yang dikenal dengan sebutan suku Aborigin. 

Fenomena ini membuat pemerintah Australia sempat menutup pintu untuk imigran masuk ke wilayah negara mereka. 

Namun gelombang imigran kembali terjadi pada era 1970-an karena beberapa wilayah Asia Tenggara mengalami krisis keamanan. Di awal 1990-an pun, Australia juga menerima imigran dari Timur Tengah, Eropa Timur dan juga Afrika. 

Meski sudah ditutup kembali sejak 2010 silam, para imigran yang sudah terlanjur masuk ke Australia pun sudah beranak-cucu. Beberapa di antara mereka bahkan akan membela Australia di Piala Dunia 2022 lho, siapa saja yah?