Bola Internasional

Persis Solo Hadapi Johor Darul Takzim di Stadion Sultan Ibrahim, Lini Belakang Dapat Ujian Serius

Kamis, 10 November 2022 17:17 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Media Persis Solo
Skuad Persis Solo. Copyright: © Media Persis Solo
Skuad Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persis Solo akan menghadapi Johor Darul Takzim (JDT) di Stadion Sultan Ibrahim, Johor, Sabtu (12/11/22) malam.

Uji coba pertama dalam pemusatan latihan di Johor Bahru akan menjadi ujian serius lini belakang Laskar Sambernyawa.

Total sudah 10 laga uji coba dijalani Persis Solo selama kompetisi Liga 1 2022/2023 terhenti. Abduh Lestaluhu dkk. uji coba melawan tujuh tim Liga 3, dua tim Liga 2 dan satu tim Liga 1.

Terbaru, dalam uji coba melawan Borneo FC di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (5/11/22) lalu, ujian cukup didapat Persis Solo. Laga ini sendiri berakhir imbang 1-1.

Namun tentu saja JDT merupakan tim level Asia. JDT merupakan juara dari Piala AFC 2015, serta tahun ini menjadi juara grup pada Liga Champions Asia 2022, mengungguli Ulsan Hyundai, Kawasaki Frontale dan Guangzhou FC.

Meski mereka akan menurunkan tim kedua, karena tim utama akan melawan Kelantan FC pada laga Piala Malaysia 2022, Jumat (11/11/22), JDT akan menjadi ujian serius bagi Laskar Sambernyawa.

Counter attack menjadi salah satu problem Persis Solo dalam sebelas laga awal Liga 1. Para full back Persis Solo kerap telat turun, terutama sektor bek kanan yang disasar tim lawan.

Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, menilai permasalahan itu sudah dipecahkan selama Liga 1 terhenti. Dalam lima pekan ini, tim coba memperkuat sistem bertahan.

Kemungkinan besar Persis Solo akan menurunkan Eky Taufik sebagai bek kanan dan Abduh Lestaluhu sebagai bek kiri. Dua nama ini kerja keras selama persiapan.

"Persoalan kena counter attack saat overlaping pada momen tidak pas cukup mulai teratasi. Eky develop sangat baik dalam beberapa laga (uji coba). Abduh juga sudah lebih dahulu berprogres, karena dia strong position. Jadi jarang kena counter," ucap Rasiman.