Piala Dunia 2022

Profil Tim Piala Dunia 2022: Brasil, Skuat Mewah yang Bikin Selecao di Ambang Juara

Kamis, 10 November 2022 14:07 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Profil Timnas Brasil. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Profil Timnas Brasil. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)

INDOSPORT.COM - Berikut profil dan rangkuman kekuatan Timnas Brasil menjelang hajatan akbar sepak bola sejagat, Piala Dunia 2022.

Kick off Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Ajang sepak bola terbesar antar negara ini akan dihelat di Qatar, pada 20 November hingga 18 Desember 2022 nanti.

Guna mencapai misi mengembalikan trofi juara Piala Dunia ke Negeri Samba, pelatih Brasil, Tite, telah memboyong skuat mewah yang dihuni para pemain terbaik.

Pantas jika Brasil dijuluki Selecao, yang artinya 'orang-orang terpilih.' Tim yang tidak pernah absen di Piala Dunia itu bakal tergabung di Grup G bersama Serbia, Swiss, serta satu jagoan Afrika, Kamerun.

Di atas kertas, Brasil lebih unggul dibanding tiga lawannya. Serbia bisa saja merepotkan Neymar dkk untuk memperoleh juara grup.

Namun, menilik rekam jejak, Brasil diketahui selalu lolos ke babak 16 besar Piala Dunia. Pada pertandingan di Qatar pun, Selecao tetap menjadi salah satu tim favorit juara.

Brasil setidaknya sudah mengoleksi lima gelar juara Piala Dunia, yakni edisi 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Kini, sudah dua dekade trofi itu minggat dari Negeri Samba.

Apakah Tite mampu mengembalikan era kejayaan Brasil, atau justru Piala Dunia 2022 Qatar ini akan menjadi catatan minor dalam karirnya sebagai pelatih termahal di dunia?

Berikut INDOSPORT merangkum peta kekuatan Brasil, yang membuat pasukan Tite cukup layak untuk merengkuh trofi juara Piala Dunia 2022.