Bola Internasional

Profil Tim Piala Dunia 2022: Portugal, Menuju Gelar Pamungkas Cristiano Ronaldo

Kamis, 10 November 2022 16:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Profil Timnas Portugal. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Profil Timnas Portugal. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah profil tim nasional Portugal di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi  La Seleccao das Quinas, salah satu raksasa disegani di Qatar nanti.

Piala Dunia 2022 akan datang dua pekan lagi, tepatnya pesta sepak bola bergengsi sedunia ini akan dihelat 20 November-18 Desember di Qatar.

Timnas Portugal menjadi salah satu tim yang penampilannya paling ditunggu. Selain karena komposisi pemain yang dimiliki Fernando Santos, adanya Cristiano Ronaldo jadi alasan utamanya.

Di usianya yang sudah menginjak usia 37 tahun, bukan tidak mungkin Ronaldo bakal menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai turnamen perpisahan.

Hal ini berkaca pada keputusan rival bebuyutannya, Lionel Messi, yang menjadikan Qatar sebagai Piala Dunia pamungkas dalam karier emasnya.

Lantas seperti apa profil Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 kali ini?

Timnas Portugal harus berjuang hingga titik darah penghabisan sebelum bisa tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Bahkan, mereka harus melalui jalur playoff.

Mereka finis di urutan kedua di bawah Serbia di klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang juga dihuni oleh Irlandia, Luxemburg, dan Azerbaijan.

Dari delapan pertandingan di babak kualifikasi, Portugal mencatat lima kemenangan, dua imbang, dan satu kekalahan. Mereka menyelesaikan fase grup dengan raihan 17 poin, selisih 3 angka dengan Serbia.

Pada babak semifinal play-off, Portugal bertemu dengan Turki dan menang 3-1. Kemudian di partai final play-off, Portugal mengalahkan Makedonia Utara 2-0 berkat brace Bruno Fernandes.

Ini merupakan kedelapan kalinya mereka berpartisipasi di Piala Dunia. Hasil terbaik yang mereka dapatkan selama mengikuti turnamen empat tahunan ini adakah juara tiga pada 1966.

Meski berstatus juara Eropa enam tahun lalu, performa Portugal di Piala Dunia terbilang tidak terlalu bagus. Bahkan sejak juara tiga di tahun 1996, Portugal hanya mampu melaju di semifinal sekali (2006),.

Sementara pada edisi terakhir, tepatnya di Rusia pada 2018 silam, Cristiano Ronaldo dkk gagal melanjutkan langkahnya ke babak peprempat final usai takluk 1-2 dari Uruguay.

Layak untuk dinantikan apakah Portugal mampu membuktikan dirinya di kancah Piala Dunia 2022. Jika mereka berhasil keluar sebagai pemenang, mungkinkan ini jadi gelar terakhir Ronaldo sebelum gantung sepatu?