Liga Indonesia

Bakal Jadi The Next Pratama Arhan, Wonderkid Persib Bongkar Rahasia Lemparan Jauh Miliknya

Jumat, 11 November 2022 10:15 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mirip Pratama Arhan, salah satu pemain muda Persib Bandung, Robi Darwis, bongkar rahasia lemparan bola jauh miliknya yang sering membahayakan pertahanan lawan. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mirip Pratama Arhan, salah satu pemain muda Persib Bandung, Robi Darwis, bongkar rahasia lemparan bola jauh miliknya yang sering membahayakan pertahanan lawan.

INDOSPORT.COM - Mirip dengan Pratama Arhan, salah satu pemain muda Persib Bandung di Liga 1 22/23, Robi Darwis, bongkar rahasia lemparan bola jauh miliknya yang sering membahayakan pertahanan lawan.

Pasalnya, lemparan jauh yang dilakukan oleh Robi Darwis tersebut sering menjadi umpan dan peluang bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mengatakan, bakat untuk melakukan lemparan jauh tersebut sudah ada sejak masih kecil. Diawali saat dirinya mengikuti kompetisi sepak bola anak sekitar tahun 2010.

Saat itu, Robi mencoba mengambil bola dan melakukan lemparan, hasilnya bola bisa sampai ke gawang dan membahayakan pertahanan lawan.

"Untuk lemparan jauh dari kecil sih udah bisa ya, berawal dari kompetisi Magma 2010 kalau gak salah ya. Robi pertama kompetisi main ada out, Robi coba ambil langsung coba throw in ke gawang, eh nyampe," kenang Robi.

Melihat bakat yang dimilikinya, pelatih saat itu selalu menginstruksikan Robi memanfaatkan lemparan ke dalam sekaligus untuk menciptakan peluang mencetak gol. 

Hingga akhirnya, sampai saat ini Robi Darwis sering memanfaatkan peluang dari lemparan jauh untuk dijadikan peluang, baik di tim Persib maupun timnas Indonesia.

"Dari situ pelatih menginstruksikan untuk selalu memanfaatkan kelebihan Robi yang sebelum gak tahu dan terbukti, Alhamdulillah dari throw in banyak terjadi gol. Jadi terbilang assist lemparan," jelas Robi.

Menurut pemain yang saat ini sedang mengikuti pemusatan latihan atau Training Center bersama timnas Indonesia U-20 ini, lemparan jauh tersebut dipelajarinya secara mandiri.

"Belajar mah enggak, lebih belajar sendiri gitu kan supaya gimana lemparan baik, jauhnya juga cuma gak asal jauh saja gitu kan," ujarnya.

"Keahlian khusus gak tahu, Robi bersyukur dapat keahlian lebih yang mungkin orang lain belum punya juga, hanya beberapa saja yang bisa," ungkapnya.