In-depth

Mengenang Julen Lopetegui: Dipecat Timnas Spanyol Hingga Hancur Lebur Bersama Real Madrid

Sabtu, 12 November 2022 13:58 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
© Reuters/Marcelo Del Pozo
Mantan pelatih Sevilla, Julen Lopetegui saat konferensi pers Liga Champions Copyright: © Reuters/Marcelo Del Pozo
Mantan pelatih Sevilla, Julen Lopetegui saat konferensi pers Liga Champions

INDOSPORT.COM – Berikut adalah kisah Julen Lopetegui, pelatih yang dipecat Timnas Spanyol sebelum Piala Dunia lalu hancur lebur bersama Real Madrid.

Sebagaimana diketahui bersama, Tim Nasional Spanyol baru saja merilis daftar skuadnya untuk Piala Dunia 2022 Qatar yang akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Spanyol diprediksi akan menjadi salah satu negara yang kembali diperhitungkan setelah pada dua edisi sebelumnya mereka harus kocar-kacir tak berdaya.

Namun, menilik ke belakang, jika membicarakan Spanyol menjelang Piala Dunia, maka nama Julen Lopetegui tak dapat dilepaskan dari tim berjuluk La Furia Roja ini.

Lopetegui merupakan salah satu pelatih yang pernah dipercaya untuk menjadi nakhoda bagi Timnas Spanyol beberapa tahun lalu.

Namun, sebelum masuk ke ranah tersebut, ada baiknya berkenalan dengan awal karir dari Jlen Lopetegui terlebih dahulu.

Awal Karir Melatih

Nama Julen Lopetegui sendiri melambung setelah dirinya melatih Timnas Spanyol U-19 dan U-21 saat itu. Bersama tim muda Spanyol dirinya meraih kejayaan dengan meraih gelar European Championship pada 2012.

Tak cukup sampai disitu, bersama David de Gea, Koke, Rodrigo, dan Thiago yang kala itu masih muda, Lopetegui berhasil membawa Timnas Spanyol U-21 juara Euro U-21 pada tahun 2013.

Mendapat kejayaan, Lopetegui justru tidak memperpanjang kontraknya melatih Timnas Spanyol muda, dirinya kemudian memilih FC Porto sebagai pelabuhan anyarnya pada 2014/15.

Meski mampu membawa 53 kemenangan, 16 imbang dan 9 kali kalah, Lopetegui kemudian dipecat oleh manajemen FC Porto. Dibawah kendalinya, FC Porto dianggap tak bisa bersaingdengan Benfica di Liga Portugal.