Bola Internasional

Menpora Bocorkan Shayne Pattynama Tak Bisa Sumpah WNI Bareng Jordi Amat dan Sandy Walsh

Minggu, 13 November 2022 06:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Rico Brouwer/Soccrates/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda). Copyright: © Rico Brouwer/Soccrates/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menepis peluang jika Shayne Pattynama bisa jalani sumpah WNI bersamaan dengan Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Seperti diketahui, rekomendasi untuk naturalisasi Shayne baru disetujui Komisi III dan X DPR RI. Selanjutnya, berkasnya akan dikirim ke Kemensetneg untuk dicek dan menunggu keputusan Presiden RI, Joko Widodo.

Menurut Menpora, proses itu tidak akan secepat yang dibayangkan karena berkas harus diperiksa lebih teliti. Hal itu berkaca dari nasib Jordi dan Sandy yang menunggu cukup lama demi bisa berseragam Timnas Indonesia.

“Proses itu akan cepat sepanjang persyaratan administrasi terpenuhi, kalau persyaratan administrasi terpenuhi maka Keppres akan cepat keluar,” tutur Menpora.

"Sepertinya tidak, tapi saya rasa duluan Jordi dan Sandy yang akan sumpah WNI," imbuhnya.

Shayne Pattynama saat ini bermain di Viking FK di Liga Norwegia. Dia memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Maluku, tapi lahir di Kota Semarang.

Sebelum membela Viking FK di Norwegia, Shayne Pattynama sempat menimba ilmu di klub Belanda yakni FC Utrecht dan juga Ajax Amsterdam.