Piala Dunia 2022

Seberapa Jauh Lewandowski Membantu Timnas Polandia di Piala Dunia 2022?

Minggu, 13 November 2022 20:32 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© David Ramos/Getty Images
Duel Robert Lewandowski dengan Aymeric Laporte di laga Euro 2020 Spanyol vs Polandia. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Duel Robert Lewandowski dengan Aymeric Laporte di laga Euro 2020 Spanyol vs Polandia.

INDOSPORT.COM - Robert Lewandowski masih diragukan akan membantu timnas Polandia melaju lebih jauh di gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar kali ini. Sebab performa ketika di klub dan timnas yang kontras membuat bintang Barcelona tersebut diragukan melaju jauh di Qatar nanti.

Sebelumnya, Timnas Polandia berhasil melaju ke babak final Piala Dunia 2022 di Qatar setelah berhasil memenangkan pertandingan playoff atas Swedia pada bulan Maret lalu.

Timnas Polandia mengamankan pertandingan playoff melawan Swedia setelah Rusia, calon lawan mereka diskors dari kompetisi internasional akibat invasi ke Ukraina.

Di awal babak pertama Polandia kesulitan membobol gawang lawan. Namun, Robert Lewandowski berhasil memecah kebuntuan. Selain itu permainan heroik Wojceich Szczesny juga menjadi kunci mereka terbang ke Qatar.

Sebelum mengalahkan Swedia di partai playoff, Polandia memiliki pertandingan di fase kualifikasi yang sangat buruk. Mereka hanya berhasil berada diurutan kedua setelah Inggris.

Adapun, timnas Polandia yang berada di ranking 26 dunia akan menjadi penampilan kesembilannya di Piala Dunia sejak debut di tahun 1938 yang digelar di Perancis.

Polandia sendiri berhasil mendapatkan berbagai hasil di Piala Dunia yang mereka mainkan sebelumnya. Rekor mereka adalah dua kali finis ketiga.

Namun sejak tahun 1982, timnas Polandia hanya berhasil melewati babak penyisihan grup sekali dan gagal lolos ke Piala Dunia pada edisi 2020 dan 2014.

Pada edisi Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia, timnas Polandia kalah dari timnas Senengal dan Kolombia. Namun mereka tersingkir meski menang melawan timnas Jepang.

Sementara itu, di Piala Dunia 2022 kali ini, Lewandowski cs akan berada di grup C bersama Meksiko, Arab Saudi, dan Argentina yang sempat menjadi juara dunia 2 kali.