Piala Dunia 2022

Ditinggal Belanda ke Piala Dunia 2022, Saatnya Struijk Susul Baggott dan Hubner di Timnas Indonesia?

Selasa, 15 November 2022 16:33 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Timnas Indonesia sepertinya bisa kembali Pascal Struijk perhitungkan untuk dibela setelah Belanda tidak memasukkan namanya ke skuat Piala Dunia 2022. Copyright: © Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Timnas Indonesia sepertinya bisa kembali Pascal Struijk perhitungkan untuk dibela setelah Belanda tidak memasukkan namanya ke skuat Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sepertinya bisa kembali Pascal Struijk perhitungkan untuk dibela setelah Belanda tidak memasukkan namanya ke skuat Piala Dunia 2022.

Dengan bergabung bersama Tim Garuda, maka defender milik Leeds United itu bisa menjadi pilar pertahanan masa depan bersama Elkan Baggott dan Justin Hubner.

Struijk adalah salah satu bek sentral muda berbakat di Eropa saat ini. Usianya masih 23 tahun namun telah menjadi pemain reguler untuk Leeds di kompetisi sekelas kasta teratas Liga Inggris.

Meski memulai karier bersama akademi ADO Den Haag dan Ajax Amsterdam, namun Struijk pun sempat mengenyam pendidikan usia dini di Leeds.

Sampai pada akhirnya di 2019/2020 talentanya memikat pelatih The Whites saat itu yakni Marcelo Bielsa yang memberinya sejumlah penampilan cameo di Championship.

Oleh sang manajer legendaris, Struijk langsung dijadikan pemain inti kala Leeds menjalani musim promosi pada musim setelahnya dan hingga kini status tersebut tetap dipertahankan.

Kendati sekarang sosok Bielsa sudah tidak ada di Elland Road, namun pemain setinggi 190 cm itu masih jadi andalan bagi pelatih pengganti Jesse Marsch.

Sayang karier internasional Pascal Struijk tidak semulus di level klub. Walau ia pernah punya pengalaman membela Belanda di level U-17 namun hingga kini dirinya belum juga mendapatkan caps perdana bersama De Oranje senior.

Beberapa kali sudah defender kidal itu diundang untuk mengikuti pemusatan latihan Belanda namun tidak kunjung mendapatkan jam terbang baik di laga kompetitif maupun non-kompetitif.

Terbaru Struijk dimasukkan dalam skuat bayangan negaranya untuk Piala Dunia 2022 namun pelatih Louis van Gaal lebih memilih Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt, Jurrien Timber, Nathan Ake, dan Stefan de Vrij untuk mengisi posisi bek sentral di Qatar.