Liga Indonesia

Menanggung Beban Berat, Klub-klub Memohon Liga 1 Segera Digulirkan

Rabu, 16 November 2022 19:56 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub-klub Liga 1 sudah mulai merasakan dampak dari dihentikannya sementara Liga 1 2022-2023 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub-klub Liga 1 sudah mulai merasakan dampak dari dihentikannya sementara Liga 1 2022-2023

INDOSPORT.COM - Klub-klub Liga 1 sudah mulai merasakan dampak dari dihentikannya sementara Liga 1 2022-2023. Baginya klub sudah sangat menanggung beban dengan dihentikannya kompetisi Liga 1 2022-2023.

Roda kompetisi Liga 1 2022-2023 memang saat ini masih dihentikan sementara usai Tragedi Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober lalu. Kini kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023 pun sudah diharapkan bisa segera bergulir.

Apalagi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator sudah memiliki Direktur Utama baru selepas dilaksanakannya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT LIB di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Selasa (15/11/22).

Diutarakan oleh Chief Operation Officer (COO) Bhayangkara FC, Sumardji, turut mengutarakan keinginan seluruh klub Liga 1 2022/2023 agar kompetisi Liga 1 segera bergulir kembali.

"Jadi liga ini kami benar-benar mengharapkan dan berharap kepada pemerintah untuk segera diputar kembali," ucap Sumardji.

"Karena kami menanggung beban yang sangat luar biasa sekali di klub dengan tidak adanya liga, berpengaruh kepada keuangan di klub, terhadap pemain, semuanya lah pengaruhnya luar biasa," tambah dia.

Sumardji sudah sangat mengharapkan untuk Liga 1 bisa segera digulirkan kembali. "Maka kami berharap jangan lama-lama berkaitan dengan berhenti liga ini, dan berharap bisa segera bergulir," sambungnya.

Sumardji pun mengungkapkan jalannya kompetisi juga sangat berdampak sekali kepada Timnas Indonesia. Untuk itu ia sangat berharap pemerintah bisa segera memberikan izin bergulirnya kembali Liga 1 2022/2023.

Seperti diketahui, sejauh ini sudah ada tiga opsi tanggal yang disiapkan PT LIB, tanggal 2 Desember 2022 jadi tanggal yang paling realistis untuk bisa kembali menggulirkan Liga 1. "Ya, dengan bergulirnya liga yang sudah berhenti ini harapannya bisa bangkit lagi sepak bola karena ini erat sekali hubungannya dengan timnas," ujar Sumardji.

"Kalau liga terhenti berpengaruh kepada Timnas maka dengan bergulirnya liga dan dengan ada orang-orang baru yang berada di PT LIB ini bisa menghidupkan kembali dan menyejahterakan yang lebih kepada klub-klub yang ada di Liga 1 ini," tutupnya.