Piala Dunia 2022

Profil Tim Piala Dunia 2022: Iran, Wakil Asia Rasa Eropa yang Siap Kejutkan Inggris

Rabu, 16 November 2022 16:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Timnas Iran jadi salah satu kuda hitam asal Asia yang diprediksi bisa membuat kejutan pada babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 nanti. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Timnas Iran jadi salah satu kuda hitam asal Asia yang diprediksi bisa membuat kejutan pada babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 nanti.

INDOSPORT.COMTimnas Iran jadi salah satu kuda hitam asal Asia yang diprediksi bisa membuat kejutan pada babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 nanti. Inggris yang jadi lawan perdana, wajib berhati-hati!

Tergabung di Grup B, Iran bakal hadapi sejumlah lawan yang cukup berat dari berbagai konfederasi pada babak penyisihan Piala Dunia 2022.

Selain Inggris yang menjadi rival pertama, Timnas Iran juga harus menghadapi Amerika Serikat serta Wales yang akhirnya kembali lolos ke Piala Dunia sejak terakhir kali tampil pada 1958.

Jika melihat peringkat FIFA saat ini, Iran memang tidak terlalu diunggulkan dari ketiga kontestan lain, bahkan ranking The Team Melli adalah yang terendah ketimbang Inggris, Amerika Serikat maupun Wales.

Akan tetapi, Iran tetap tak boleh dianggap enteng khususnya Timnas Inggris yang akan lebih dulu bertemu pada 21 November 2022 mendatang.

Pasalnya, dari dua edisi Piala Dunia terakhir Iran belum sekalipun telan kekalahan pada pertandingan pembuka.

Pada Piala Dunia 2014 misalnya, Iran mampu menahan Imbang Nigeria tanpa gol. Sementara pada Piala Dunia 2018, Mehdi Taremi berhasil mengalahkan Maroko dengan skor 1-0.

Selain itu, Iran juga sedang dalam tren positif usai tampil terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir, bahkan sepanjang 2022 ini mereka cuma dua kali kalah.

Berbanding terbalik dengan Inggris, skuad arahan Gareth Southgate tersebut malah belum pernah lagi menang sejak Maret 2022 lalu.

Berkaca dari statistik tersebut, Inggris termasuk juga negara lain di Grup B tak boleh anggap enteng kejutan yang bakal dilakukan Iran.