Piala Dunia 2022

5 Pemain Belanda Paling Tajam di Sejarah Piala Dunia

Senin, 21 November 2022 10:55 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Berikut adalah lima pemain Timnas Belanda yang memiliki ketajaman tiada tara di sepanjang sejarah Piala Dunia. REUTERS/Piroschka Van De Wouw Copyright: © REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Berikut adalah lima pemain Timnas Belanda yang memiliki ketajaman tiada tara di sepanjang sejarah Piala Dunia. REUTERS/Piroschka Van De Wouw

INDOSPORT.COM – Berikut adalah lima pemain Timnas Belanda yang memiliki ketajaman tiada tara di sepanjang sejarah Piala Dunia.

Belanda memang terkenal dengan sejarah kental sepak bolanya yang kerap melahirkan pemain-pemain tangguh dari segi fisik.

Namun, dalam Piala Dunia, hal tersebut tampaknya tidak memberikan efek yang cukup berarti bagi tim yang mendapat julukan De Oranje tersebut.

Tim yang memiliki gaya bermain total football tersebut justu kerap menjadi bahan ejekan karena tak pernah menjadi juara Piala Dunia meski memiliki komposisi pemain mentereng.

Tampil meyakinkan di setiap edisi Piala Dunia, Belanda jsutru harus puas mendapat sematan ‘raja runner-up’ hingga ‘raja tanpa mahkota’ dalam turnamen empat tahun sekali itu.

Hal itu kembali terjadi saat tahun Piala Dunia 2010 dan 2014 yang lalu. Pada edisi 2010, Belanda yang tampil tak terkalahkan harus menyerahkan mahkota juara kepada Spanyol.

Saat itu, sepakan Andreas Iniesta di babak perpanjangan waktu memberi mimpi buruk bagi Belanda dan membuat mereka harus kembali menjadi runner-up.

Pada edisi 2014, Belanda lagi-lagi juga menunjukkan performa meyakinkan. Melumat Spanyol di babak penyisihan grup, Tim Oranye diprediksi bakal melaju hingga final bahkan juara.

Bisa jadi pada Piala Dunia 2014 kala itu, ribuan pasang mata sedang menyoroti performa Belanda yang begitu bergairah. Namun sayang, De Oranje yang saat itu dilatih Louis van Gaal harus puas menjadi jawara ketiga.

Memiliki sejarah yang cukup apik di Piala Dunia, Belanda setidaknya masih memiliki para pemain tajam yang dapat dibanggakan. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.