In-depth

Beda Nasib Duo Belanda: Justin Hubner ke Indonesia, Xavi Simons Tembus Piala Dunia

Senin, 21 November 2022 11:11 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© Reuters/Piroschka Van De Wouw
Xavi Simons, pemain PSV Eindhoven yang pernah satu tim dengan Justin Hubner di Timnas Belanda. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw Copyright: © Reuters/Piroschka Van De Wouw
Xavi Simons, pemain PSV Eindhoven yang pernah satu tim dengan Justin Hubner di Timnas Belanda. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw

INDOSPORT.COM - Begini beda nasib duo Belanda, Justin Hubner membela Timnas Indonesia U-20, sementara Xavi Simons akhirnya tembus ke Piala Dunia 2022.

Justin Hubner dan Xavi Simons pernah bermain bersama di Timnas Belanda U-21. Siapa sangka, garis nasib mereka sangat jauh berbeda, bagai langit dengan bumi.

Xavi Simons sempat direkrut oleh Paris Saint-Germain, namun ia jarang mendapat menit bermain dan akhirnya dilepas secara free transfer di awal musim 2022/2023 lalu.

Pindah ke PSV Eindhoven dengan status free transfer, siapa sangka, Xavi Simons langsung mendapat tempat di starting XI.

Simons mampu mencetak delapan gol dari 14 laga di Eredivisie. Simons selalu menjadi pilihan di starting XI pada 14 laga tersebut.

Simons juga punya catatan lima laga dan satu gol ketika PSV bermain di Liga Europa. Hal ini yang membuatnya dipanggil untuk membela Timnas Belanda di Piala Dunia.

Xavi Simons memang tampil bagus bersama PSV, namun pemanggilannya tetap dirasa mengejutkan. Selain usia yang sangat belia, Simons belum pernah main untuk tim senior.

Walau belum pernah membela tim senior Belanda, sang wonderkid sudah menjadi langganan timnas pada kelompok usia.

Sejak 2019 lalu, Xavi Simons bermain untuk Belanda U-16, Belanda U-19, dan berlanjut hingga Belanda U-21 pada tahun 2022 ini.

Ketika bermain untuk Belanda U-19, Simons sempat masuk skuad untuk Kualifikasi Euro U-19 2022. Simons berada satu tim dengan Justin Hubner, pemain keturunan Indonesia.