Bola Internasional

Bek Persib Tak Dipanggil Timnas Filipina untuk Piala AFF, Faktor Main di Indonesia?

Senin, 21 November 2022 20:26 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib, Daisuke Sato dikabarkan tak dipanggil Timnas Filipina untuk Piala AFF 2022. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib, Daisuke Sato dikabarkan tak dipanggil Timnas Filipina untuk Piala AFF 2022. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Daisuke Sato, sudah menjalin komunikasi dengan Timnas Filipina terkait persiapan untuk menghadapi Piala AFF 2022.

Meski demikian, Daisuke Sato belum dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Filipina yang saat ini sudah mulai menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC).

Daisuke Sato menuturkan, saat ini pemain yang dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Filipina merupakan pemain yang bermain di kompetisi lokal. Sedangkan, yang bermain di luar negeri sejauh ini tidak dipanggil.

"Ya kami berkomunikasi, tapi mereka sudah menggelar agenda pemusatan latihan untuk pemain yang ada di dalam negeri, pemain yang ada di Filipina," kata Daisuke Sato.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 66 ini menuturkan, ada beberapa alasan yang membuat Timnas Filipina hanya memanggil pemain yang bermain di dalam negeri.

Salah satunya, Timnas Filipina membutuhkan waktu persiapan yang panjang untuk menghadapi Piala AFF 2022. Diantaranya, menggelar pemusatan latihan.

"Mereka menyusun daftarnya kemarin dan mereka berbicara pada saya untuk lebih fokus pada pemain lokal yang bermain di liga Filipina. Karena mereka butuh waktu persiapan lebih lama," ungkapnya.

Lebih lanjut Daisuke Sato menuturkan, untuk memanggil pemain yang bermain di luar negeri sendiri, biasanya mereka akan bergabung dengan Timnas Filipina beberapa hari menjelang pertandingan.

Sehingga, untuk saat ini Timnas Filipina hanya memanggil pemain yang bermain di dalam negeri, karena mereka bisa langsung bergabung dengan tim.

"Terkadang ini memang sulit bagi Filipina karena banyak pemain yang bermain di luar negeri, seperti bermain di Liga Thailand dan Liga Indonesia," ujarnya.

"Jadi kami biasanya persiapan jelang turnamen itu hanya 2-3 hari. Jadi mereka sekarang mulai mencoba suatu hal yang baru dan kita lihat nanti apa yang akan terjadi," jelasnya.