Piala Dunia 2022

Gol Dianulir Warnai Laga Qatar vs Ekuador, Bukti Teknologi VAR di Piala Dunia 2022 Terlalu Canggih

Senin, 21 November 2022 01:09 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Lars Baron
Momen sebelum gol striker Ekuador, Enner Valencia ke gawang Qatar dianulir wasit (REUTERS/Lars Baron) Copyright: © REUTERS/Lars Baron
Momen sebelum gol striker Ekuador, Enner Valencia ke gawang Qatar dianulir wasit (REUTERS/Lars Baron)

INDOSPORT.COM – Ada kejadian menarik di pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Ekuador, di mana wasit sempat menganulir gol dari Enner Valencia.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Piala Dunia 2022 secara resmi dibuka dengan pertandingan antara Qatar vs Ekuador, Minggu (20/11/22) malam hari WIB.

Pada pertandingan tersebut, Qatar yang bermain sebagai tuan rumah harus mengakhiri babak pertama dengan ketertinggalan 0-2 dari Ekuador.

Dua gol untuk keunggulan Ekuador di babak pertama di cetak oleh striker Fenerbahce bernama Enner Valencia pada menit ke-16 dan 32.

Enner Valencia sejatinya nyaris mencetak hattrick di babak pertama pertandingan Piala Dunia 2022 melawan Qatar.

Hanya saja, gol yang ia ciptakan sejak awal pertandingan di menit kelima malah dianulir oleh wasit setelah melakukan pengecekan Video Assistant Referees (VAR).

Gol yang dianulir ini menjadi kontroversi karena proses terciptanya gol Enner Valencia jarang terjadi di pelaksanaan pertandingan.

Namun, teknologi canggih yang digunakan di Piala Dunia 2022 memutuskan bahwa gol pertama Valencia murni offside. Sementara itu, akibat dianulirnya gol Valencia itu membuat media sosial ramai membicarakan keputusan dari VAR.