Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Dimulai: Ada Lantunan Ayat Suci Al-Quran hingga Penampilan Jungkook BTS

Senin, 21 November 2022 00:14 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Pawel Kopczynski
Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar (REUTERS/Pawel Kopczynski) Copyright: © REUTERS/Pawel Kopczynski
Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar (REUTERS/Pawel Kopczynski)

INDOSPORT.COM - Pesta sepak bola terbesar sejagat raya atau Piala Dunia 2022 Qatar resmi dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Quran sebagai pembuka.

Sebagaimana diketahui, upacara pembukaan Piala Dunia 2022 baru saja selesai digelar di Stadium Al Bayt, Al Khor, Qatar pada Minggu (20/11/22) malam WIB.

Aktor asal Amerika Serikat bernama Morgan Freeman menjadi narator dalam upacara pembukaan. Ia kemudian berbincang dengan Ghanim Muftah yang menjadi duta Piala Dunia 2022 Qatar.

Ghanim Muftah kemudian melantunkan potongan ayat suci Al Quran di surat Al-Hujurat ayat ke-13. Ia dikumandangkannya dengan sangat indah.

"Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja'alnākum syu'ụbaw wa qabā`ila lita'ārafụ." 

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal," ujar Ghanim Muftah mengartikan ayat tersebut.

Setelah itu, acara pembukaan dilanjutkan dengan tarian-tarian dan lagu-lagu opening ceremony sejak Piala Dunia 1998 silam hingga 2022.

Tidak lupa juga bendera peserta dan jersey kebesaran dari 32 negara juga ditampilkan dalam upacara.

Sementara itu, sebelum upacara ditutup ada penampilan mempesona dari penyanyi asal Korea Selatan yakni Jungkook BTS. Ia menyanyikan single terbarunya berjudul "Dreamers" yang menjadi soundtrack Piala Dunia 2022 Qatar.