Piala Dunia 2022

Luis Enrique Siap 'Khianati' Filosofi False 9 Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 13:57 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Ada kabar kejutan dari La Furia Roja sebab Luis Enrique siap ‘khianati’ filosofi false 9 Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 ini. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Ada kabar kejutan dari La Furia Roja sebab Luis Enrique siap ‘khianati’ filosofi false 9 Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 ini.

INDOSPORT.COM – Ada kabar kejutan dari La Furia Roja sebab Luis Enrique siap ‘khianati’ filosofi false 9 Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 ini.

Istilah false 9 ini sendiri sejatinya sudah melekat di diri Timnas Spanyol sejak final Piala Eropa 2012 lalu kontra Italia.

Pada saat itu, Timnas Spanyol tentu saja memiliki nama-nama mentereng di ujung tombak, seperti Fernando Torres, Alvaro Negredo, dan Fernando Llorente.

Menariknya, pelatih La Furia Roja saat itu, Vincente Del Boosque, sama sekali tak menurunkan salah satu dari ketiga penyerangnya itu.

Ya, saat itu Del Boosque memasang Cecs Fabregas, yang berposisi asli sebagai gelandang, untuk mengisi pos ujung tombak atau posisi nomor 9.

Pada pertandingan tersebut, Timnas Spanyol bisa menang mudah 4-0 kontra Gli Azzuri berkat strategi tak terduga tersebut yang mana taktik itu menjadi populer hingga saat ini.

False 9 sendiri aslinya adalah peran, bukan posisi, sehingga pemain mana pun dapat mengisi peran tersebut, termasuk striker murni.

False 9 ini memiliki peran yang lebih sulit ketimbang penyerang murni sebab mereka yang menjalankan peran ini harus piawai dalam memecah konsentrasi lawan.

Meskipun demikian, pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, siap ‘mengkhianati’ filosofi false 9 La Furia Roja di Piala Dunia 2022 ini.