Piala Dunia 2022

Peserta Piala Dunia yang Pakai Pemain 'Asing' Paling Banyak, Maroko Tembus 2 Digit

Senin, 21 November 2022 09:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut adalah negara peserta Piala Dunia 2022 Qatar yang paling banyak memakai pemain bukan kelahiran negara sendiri, atau pemain naturalisasi. (Foto: REUTERS/Albert Gea) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut adalah negara peserta Piala Dunia 2022 Qatar yang paling banyak memakai pemain bukan kelahiran negara sendiri, atau pemain naturalisasi. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Berikut adalah negara peserta Piala Dunia 2022 Qatar yang paling banyak memakai pemain bukan kelahiran negara sendiri, atau pemain naturalisasi.

Sejatinya, Piala Dunia adalah ajang di mana para pemain sepak bola suatu negara unjuk kebolehan, sehingga tidak terbuka untuk pemain asing, seperti kompetisi antar klub.

Namun, ada beberapa negara yang turut menggunakan pemain kelahiran negara lain, bisa lewat program naturalisasi, bisa juga pemain yang memiliki dwi-kewarganegaraan.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan mengapa Indonesia juga boleh melakukan langkah yang sama, yakni naturalisasi, jelang Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga negara dengan pemain 'asing' paling banyak yang tampil di Piala Dunia 2022. 

1. Maroko

Maroko tak segan menggunakan banyak pemain kelahiran luar negeri untuk dapat memperkuat Timnas mereka, dan akhirnya bisa mejeng di Piala Dunia belakangan ini.

Khususnya di Piala Dunia 2022, Maroko tercatat mendaftarkan 14 pemain kelahiran luar negeri untuk membela Timnas mereka.

Salah satunya adalah Hakim Ziyech, gelandang kelahiran Belanda yang mantap membela Timnas Maroko dari Benua Afrika.

Ada empat pemain kelahiran Belanda, tiga pemain Prancis, dan tiga pemain Jerman yang mewarnai Timnas Maroko saat ini.

Sisanya, ada pemain kelahiran Spanyol, Kanada dan Italia yang berjuang bersama untuk membawa Maroko tembus ke babak 16 besar Piala Asia 2022 di Qatar.