Piala Dunia 2022

Tiki-Taka Masih Ampuh, Gelandang Arema FC Jagokan Spanyol di Piala Dunia 2022

Selasa, 22 November 2022 18:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Profil Timnas Spanyol Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Profil Timnas Spanyol Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM - Spanyol masih berada dalam unggulan pertama dalam persaingan merebut gelar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar saat ini.

Setidaknya, hal itu menjadi pandangan Evan Dimas Darmono. Dia tak ragu menyebut tim berjulukan La Furia Roja itu berprestasi di Qatar.

"Saya menjagokan Spanyol. Saya optimistis mereka bisa berprestasi lebih baik dari sebelumnya," ucap Evan Dimas beberapa hari lalu.

Evan sadar bahwa skema permainan tiki taka khas timnas Spanyol mulai pudar. Bisa dilihat dari prestasi mereka beberapa tahun terakhir.

Sejak era Carles Puyol ketika menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan lalu, prestasi Spanyol terbilang stagnan. Gerard Pique dkk. hanya mampu lolos ke babak 16 besar edisi 2018, bahkan terhenti di penyisihan grup di Brasil 2014.

"Saya sangat suka dengan gaya bermain Spanyol. Menurut saya, metode tiki Taka dari kaki ke kaki khas mereka masih ampuh," cetus Evan Dimas.

"Saya punya pengalaman berlatih di sana, jadi tahu betul bagaimana sepak bola di Spanyol," imbuh gelandang andalan Arema FC tersebut.

Ya, Evan Dimas memang pernah mendapatkan kesempatan berlatih di Spanyol, ketika menjadi bagian program salah satu merek apparel terkemuka pada 2012.

Sementara bersama timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri, Evan juga pernah menjajal kekuatan FC Barcelona yang diperkuat Luis Suarez.