Piala Dunia 2022

Janny Sikazwe: Wasit Belgia vs Kanada dan Piala Dunia 2022 yang Penuh Kontroversi

Kamis, 24 November 2022 10:16 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Matthew Childs
Wasit asal Zambia, Janny Sikazwe, saat memimpin laga Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada (24/11/22). (Foto: REUTERS/Matthew Childs) Copyright: © REUTERS/Matthew Childs
Wasit asal Zambia, Janny Sikazwe, saat memimpin laga Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada (24/11/22). (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM – Nama Janny Sikazwe menjadi perbincangan usai menjadi wasit di laga Piala Dunia 2022 antara Belgia vs Kanada. Siapakah sosok pengadil lapangan itu?

Piala Dunia 2022 sudah hampir memainkan seluruh laga pertama di setiap fase grup. Salah satunya dari grup F kala Belgia bersua Kanada, Kamis (24/11/22) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Belgia yang telah dijagokan banyak pihak sejak awal, mampu membungkam Kanada dengan skor tipis 1-0.

Adapun gol tunggal tim berjuluk De Rode Duivels tersebut dicetak oleh penyerangnya, Michy Batshuayi di menit ke-44 babak pertama.

Tak disangka, gol dari penyerang Fenerbahce itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini. Alhasil, Belgia membawa pulang tiga poin usai menang atas Kanada.

Berkat raihan tiga poin tersebut yang didapatkan usai menang atas Kanada, Belgia pun berhasil menduduki puncak klasemen sementara grup F.

Pasalnya di partai grup F lainnya, Maroko dan Runner Up Piala Dunia 2018 lalu, Kroasia, bermain imbang 0-0 di laga pertamanya.

Meski Belgia mampu meraih kemenangan, sejatinya Kanada tak tampil buruk. Malahan, Les Rouges bisa unggul di segala aspek atas lawannya itu.

Bisa dikatakan Kanada juga tak terlalu beruntung untuk kalah dari Belgia. Pasalnya, wakil CONCACAF itu bisa saja menang jika wasit di pertandingan ini, Janny Sikazwe, bertindak ‘adil’.

Keputusan-keputusan Janny Sikazwe sendiri menimbulkan tanda tanya di kalangan penikmat Piala Dunia 2022. Apalagi dengan rekam jejak kontroversialnya sebelum ditunjuk jadi wasit di ajang ini.