Piala Dunia 2022

Arab Saudi Bakal Perbolehkan Konsumsi Alkohol Jika Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Minggu, 27 November 2022 12:10 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Hannah Mckay
Arab Saudi dikabarkan siap perbolehkan konsumsi alkohol jika menjadi tuan rumah Piala Dunia. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay) Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Arab Saudi dikabarkan siap perbolehkan konsumsi alkohol jika menjadi tuan rumah Piala Dunia. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM - Arab Saudi dikabarkan siap perbolehkan konsumsi alkohol jika saja mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia pada edisi yang akan datang.

Menteri Olahraga Pengeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal mengatakan siap melakukan perbuahan. Ia juga menilai bahwa akan menjadi Islamofobia jika Arab Saudi dipaksa FIFA.

Arab Saudi sendiri dikabarkan siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 mendatang. Negara tersebut akan bersaing dengan Yunani dan Mesir yang juga berambisi menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan tersebut.

Negara Arab Saudi sendiri belum terhalang oleh pengawasan ketat terhadap hak asasi manusia (HAM) seperti yang dihadapi oleh Qatar selama menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Di Qatar sendiri, sebenarnya penjualan minuman beralkohol ada di beberapa bar di kota Doha. Hal itu menjadi sudah biasa lantaran meski mayoritas beragama Islam di sana.

Di sisi lain, Pangeran Abdulaziz merasa apabila Piala Dunia 2030 bisa dilaksanakan di Arab Saudi, maka hukum dan aturan yang berlaku wajib ditaati oleh semua orang yang datang.

Selain itu, permasalahan minuman beralkohol juga menjadi salah satu faktornya. Qatar yang melarang mendapat kritikan dari fans yang datang. Sponsor Piala Dunia 2022 yang memproduksi minuman beralkohol, Budweiser mengalami penurunan penjualan di Qatar.

Meski demikian, Pangeran Abdulaziz tetap pada pendiriannya. Jika Arab Saudi memiliki hukum dan aturan yang melarangnya, maka harus ditaati. Jika tidak ditaati jangan datang.

Selain itu, ketika ia ditanya oleh wartawan terkait pemaksaan aturan penyediaan alkohol pada sebuah turnamen, Pangeran Abdulaziz mengatakan bahwa itu bisa berubah karena Piala Dunia untuk semua orang.

"Jika Anda menentang itu, dan Anda tidak merasa seperti Anda akan menikmati waktu Anda datang, dan [jika] Anda tidak dapat menghormati aturan itu, maka jangan datang. Sesederhana itu," ujarnya.