In-depth

3 Alasan Shin Tae-yong Rombak Skuat Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Senin, 28 November 2022 19:40 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Belum lama ini, PSSI mengumumkan 28 pemain pilihan Shin Tae-yong, untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022.

TC Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2022 dimulai pada 28 November 2022 atau hari ini di Bali. Setelah itu, Shin Tae-yong akan mengerucutkan skuat untuk didaftarkan ke AFF.

Ajang sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara ini dijadwalkan berlangsung pada 23 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Timnas Indonesia sendiri telah tergabung ke dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. Mereka memiliki kans besar lolos lantaran AFF telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Grup A.

Sementara itu, dalam pemanggilan 28 pemain ke Skuat Garuda senior, ada nama dua pemain naturalisasi baru yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Kemudian tiga pemain yang berkarier di Eropa yakni Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman juga ikut dipanggil Shin Tae-yong.

Selain pemain yang dipanggil, ternyata ada total 16 pemain alumni skuat Garuda di Piala AFF 2020 lalu yang dicoret oleh Shin Tae-yong.

Yang menjadi perhatian adalah tidak adanya sosok Evan Dimas, Alfeandra Dewangga, Irfan Jaya dan Ezea Walian. Tentu dicoretnya para alumni tersebut bukan tanpa alasan dilakukan oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Berikut INDOSPORT telah merangkum tiga alasan mengapa Shin Tae-yong melakukan perombakan skuat Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.