Piala Dunia 2022

Hapus Simbol Islam di Bendera Iran, Amerika Serikat Resmi Diadukan ke FIFA

Senin, 28 November 2022 14:04 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara Iran vs Amerika Serikat (Piala Dunia Qatar 2022). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara Iran vs Amerika Serikat (Piala Dunia Qatar 2022).

INDOSPORT.COM – Iran secara resmi mengadukan Amerika Serikat ke FIFA terkait penghapusan simbol Islam dalam bendera di Piala Dunia 2022.

Diketahui, Iran dan Amerika serikat merupakan dua negara yang tengah bersitegang. Mulai dari konflik minyak, perang nuklir hingga pembunuhan Qasem Soleimani.

Perseteruan panas kedua negara ini tampaknya dibawa hingga ranah sepak bola. Amerika Serikat secara mengejutkan menghapus simbol Islam di bendera Iran.

Hal ini diketahui dari laman resmi Timnas Amerika Serikat (USMNT) yang mengunggah foto klasemen Grup B, Logo simbol Islam di tengah-tengah bendera Iran nampak hilang.

Penghapusan logo Islam di bendera membuat Federasi Sepak Bola Iran secara resmi mengajukan tuntuan ke FIFA untuk mengeluarkan Amerika Serikat di Piala Dunia 2022.

“Dalam tindakan tidak profesional, halaman Instagram federasi sepak bola AS menghapus simbol Allah dari bendera Iran,” tulis media Iran, IRNA, dilansir dari Goal.

“Federasi Sepak Bola Iran mengirim email ke FIFA untuk menuntut agar mengeluarkan peringatan serius kepada federasi AS,” sambungnya.

Sementara itu, keputusan Amerika Serikat untuk menghapus simbol Islam di bendera Iran adalah menunjukkan protes terkait kasus kemanusiaan di Iran.

Hal ini diketahui dari kasus terbunuhnya Mahsa Amini pada September lalu karena menolak menaati aturan pemerintah Iran untuk mengenakan hijab.

Sementara itu, protes juga dilayangkan penggawa Iran dengan tak menyanyikan lagu kebangsaan kala pertandingan melawan Inggris pada pertandingan perdana keduanya di Piala Dunia 2022.