Piala Dunia 2022

Profil Jamal Musiala, Hampir Bela Inggris hingga Perpanjang Napas Jerman di Piala Dunia 2022

Senin, 28 November 2022 09:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Matthew Childs
Selebrasi Jamal Musiala (kiri) usai Niclas Fullkrug mencetak gol di laga Piala Dunia 2022 Spanyol vs Jerman (28/11/22). (Foto: REUTERS/Matthew Childs) Copyright: © REUTERS/Matthew Childs
Selebrasi Jamal Musiala (kiri) usai Niclas Fullkrug mencetak gol di laga Piala Dunia 2022 Spanyol vs Jerman (28/11/22). (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM – Berikut profil dari wonderkid Timnas Jerman, Jamal Musiala, yang ternyata pernah hampir membela Inggris sebelum jadi penyelamat Der Panzer di Piala Dunia 2022.

Jamal Musiala menjadi salah satu pemain muda yang diprediksi akan menyita perhatian di gelaran Piala Dunia 2022 ini bersama Timnas Jerman.

Hal ini menyusul penampilan impresifnya pada musim ini bersama klubnya, Bayern Munchen. Pemain berusia 19 tahun itu top skor dan top assist Die Roten dengan 12 gol dan 10 assist-nya.

Penampilan gemilang itu lantas membuat Musiala diprediksi menjadi andalan Timnas Jerman di Piala Dunia 2022, meski usianya masih belia.

Prediksi itu pun berbuah kenyataan, terutama saat Timnas Jerman menghadapi partai hidup dan mati melawan tim unggulan lainnya, Spanyol, pada Matchday ke-2 grup E, Senin (28/11/22).

Dalam laga tersebut, Jerman hampir tersingkir dari Piala Dunia 2022 usai Spanyol mampu unggul atas Der Panzer lewat gol Alvaro Morata pada menit ke-62.

Beruntung bagi Jerman, Musiala mampu muncul menjadi pembeda berkat assist-nya yang berujung gol, usai Niclas Fullkrug mampu mencetak gol pada menit ke-82.

Assist Musiala itu pun seakan memperpanjang napas Jerman di Piala Dunia 2022 ini, setidaknya hingga laga penentuan di Matchday terakhir grup E kontra Kosta Rika, Jumat (02/12/22).

Gemilangnya penampilan Musiala pun seakan menjadi tamparan buat Timnas Inggris, yang mulai kekurangan pemain dengan kreativitas tinggi sepertinya.

Pasalnya, Jamal Musiala bisa saja membela Timnas Inggris ketimbang Timnas Jerman saat ini, jika Der Panzer dan Bayern Munchen tak agresif saat mendekatinya.