Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Fantastis! Rincian Uang yang Diberikan FIFA kepada Negara Peserta

Selasa, 29 November 2022 17:26 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Melihat jumlah hadiah yang akan diperoleh para peserta Piala Dunia 2022. Foto: West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Melihat jumlah hadiah yang akan diperoleh para peserta Piala Dunia 2022. Foto: West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 memiliki total hadiah berupa uang yang sangat besar bagi pemenangnya. Selain itu, para peserta juga akan mendapat hadiah dari FIFA, hanya saja nilainya berbeda.

Selain karena gengsinya, para kontestan Piala Dunia 2022 ini juga akan merebut total hadiah yang sangat menggiurkan. Sekitar 40 juta-an dolar AS (mencapai Rp600-an miliar) akan diberikan kepada pemenang.

Saat ini seluruh mata dunia tertuju pada negara Qatar. Hal ini disebabkan sedang berlangsung Piala Dunia 2022 di negara yang mayoritas beragama muslim tersebut.

Piala Dunia di Qatar ini bisa dibilang yang paling kontroversial. Hal ini disebabkan banyaknya orang meninggal karena proses pembangunan sarana dan prasarana untuk turnamen 4 tahunan tersebut.

BBC melaporkan bahwa pemerintah Qatar seharusnya bertanggung jawab atas meninggalnya sekitar 6.500 pekerja migran. Korban sebanyak itu mayoritas meninggal karena dalam proyek Piala Dunia 2022.

Selain itu, negara barat memiliki budayanya sendiri yang kemudian dipaksakan di negara Qatar. Mayoritas negara dari Eropa dan Amerika Serikat menerima dan mengampanyekan isu terkait LGBTQ+.

Mereka datang lalu memaksakan apa yang mereka yakini di gelaran Piala Dunia 2022. Di sisi lain, Qatar memiliki budayanya sendiri yang menilai perilaku homoseksual sebagai sebuah penyimpangan.

Duta besar Piala Dunia 2022 menilai bahwa jika negara Eropa dan barat menjunjung tinggi kebebasan, seharusnya mereka juga melakukannya terhadap Qatar.

Menurutnya Qatar memiliki budayanya sendiri, lalu mengapa mereka datang dengan budayanya dan memaksakan di Qatar. Bahkan mereka cenderung menilai negatif budaya, hukum, dan aturan yang berlaku.

Terlepas dari itu, FIFA telah menyapkan hadiah Piala Dunia 2022 untuk para peserta. Siapa yang akan membawa pulang berjuta-juta dolar AS akan diketahui saat pertandingan final di Stadion Lusail pada 18 Desember mendatang.