Liga Champions

4 Klub Top Rusia Langganan Liga Champions yang Siap Meriahkan Liga Champions Asia

Rabu, 30 November 2022 22:19 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© ATTILA KISBENEDEK/AFP via Getty Images
Pemain Timnas Rusia, Artem Dzyuba. Copyright: © ATTILA KISBENEDEK/AFP via Getty Images
Pemain Timnas Rusia, Artem Dzyuba.

INDOSPORT.COM - Jika Rusia memang jadi pindah ke induk organisasi sepak bola Asia (AFC), terdapat 4 klub top negara tersebut akan meriahkan Liga Champions Asia. 

Rusia tampaknya mulai gerah dengan sanksi sepak bola yang diterima buntut dari konflik Ukraina-Rusia. 

Mereka pun berminat untuk meninggalkan UEFA, induk organisasi sepak bola Eropa dan gabung dengan AFC. 

Federasi Sepak bola Rusia (RFS) dikabarkan mengambil langkah usai sanksi yang diberikan kepada timnas Rusia akibat invasi ke Ukraina.

Seperti diketahui, Rusia dilarang berlaga di beberapa ajang bergengsi Eropa selepas Presiden Vladimir Putin melakukan serangan brutal ke Ukraina pada Februari lalu. 

Liga Primer Rusia bahkan tidak dapat mengirimkan wakilnya ke kompetisi Eropa, seperti Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Conference League. 

Selain itu, timnas Rusia tak dapat melanjutkan langkah di babak play-off pot B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa yang kemudian meloloskan Polandia.

Pun dengan tim nasional sepak bola putri Rusia yang tak dapat berlaga di Piala Eropa pada musim panas 2022 nanti.

Ketum PSSI Rusia, Aleksandar Dyukov baru-baru ini kembali menyebarkan isu tentang negaranya akan gabung AFC untuk urusan sepak bola. 

Jika memang Rusia gabung AFC, terdapat klub-klub mereka yang tadinya langganan Liga Champions Eropa, akan memeriahkan Liga Champions Asia. Berikut 4 klub top Rusia.