Piala Dunia 2022

4 Pelatih Timnas yang Bakal Pergi Usai Piala Dunia 2022

Rabu, 30 November 2022 22:30 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Piala Dunia 2022 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 telah berada di laga akhir di fase grup dan mulai memasuki babak penyisihan. Menariknya, ada empat nama yang dikabarkan bakal segera pergi usai ajang empat tahunan ini selesai.

Saat ini, tengah berlangsung pertandingan terakhir dari Grup D Piala Dunia 2022 antara Australia vs Denmark yang digelar di Stadion Al Janoub dan Tunisia vs Prancis di Stadion Edukasi.

Setelah itu, beberapa jam kemudian pada hari Kamis (01/12/22) pukul 02:00 WIB dini hari nanti juga dilangsungkan pertandingan terakhir dari Grup C Piala Dunia 2022 antara Polandia vs Argentina di Stadion 974 dan Arab Saudi vs Meksiko di Stadion Lusail.

Sementara dari Grup A hingga Grup B sudah menuntaskan seluruh pertandingan mereka masing-masing, yaitu Belanda dan Senegal dari Grup A, sementara dari Grup B adalah Inggris dan Amerika Serikat.

Di tengah berlangsungnya Piala Dunia 2022 ini, sudah ada empat nama pelatih dari negara unggulan yang dilaporkan bakal segera angkat kaki usai Piala Dunia 2022 selesai.

Artinya, kompetisi empat tahunan yang digelar di Qatar ini menjadi persembahan terakhir mereka sebelum benar-benar pergi.

Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya:

Roberto Martinez – Belgia

© Valerio Pennicino - UEFA/UEFA via Getty Images
Roberto Martinez pada laga melawan Prancis di Juventus Stadium Copyright: Valerio Pennicino - UEFA/UEFA via Getty ImagesRoberto Martinez, pelatih Timnas Belgia.

Nama pertama datang dari Timnas Belgia, di mana pelatih mereka, Roberto Martinez saat ini tengah berjuang untuk membawa Eden Hazard dkk lolos ke babak 16 besar dari Grup F.

Kontrak Martinez sendiri akan kadaluarsa seiring dengan berakhirnya posisi Timnas Belgia di Piala Dunia 2022.

Hingga artikel ini dinaikkan, belum ada pembicaraan mengenai pembicaraan kontrak dari Federasi Sepak Bola Belgia dengan mantan pelatih Everton tersebut.

Roberto Martinez ditunjuk sebagai pelatih The Red Devils sejak 3 Agustus 2016 lalu dan prestasi terbaiknya adalah memberikan Timnas Belgia juara tiga Piala Dunia 2018 Rusia lalu.

Saat ini, Timnas Belgia menempati urutan ketiga di Grup F Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga poin, selisih satu angka dengan pemegang puncak klasemen sementara, Kroasia dan Maroko di tempat kedua yang sama-sama menyimpan empat poin.

Tentunya, demi meloloskan Timnas Belgia ke babak 16 besar Piala Dunia, Roberto Martinez harus benar-benar memikirkan taktik yang brilian, mengingat lawan yang mereka hadapi di laga akhir adalah runner-up Piala Dunia 2018 lalu, Kroasia.

Jika gagal membawa The Red Devilz lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, maka usai sudah perjalanan Roberto Martinez bersama Timnas Belgia.

Pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022 antara Kroasia vs Belgia digelar pada hari Kamis (01/02/22) pukul 22:00 WIB di Stadion Ahmed bin Ali.

Didier Deschamps – Prancis

© REUTERS/Christian Hartmann
Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps. Foto: REUTERS/Christian Hartmann. Copyright: REUTERS/Christian HartmannPelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Serupa dengan Roberto Martinez, nama pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps juga bakal mengakhiri jabatannya usai Piala Dunia 2022 digelar.

Bedanya, Deschamps dan Federasi Sepak Bola Prancis telah sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak setelah Piala Dunia 2022 Qatar selesai.

Saat ini, Prancis sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Namun, pastinya sang juara bertahan ingin menyapu bersih kemenangan di Grup D dengan mengalahkan Tunisia yang saat ini sedang berlangsung di Stadion Edukasi.

Didier Deschamps ditunjuk sebagai pelatih Les Bleus pada tahun 2012 lalu, menggantikan peranan dari Laurent Blanc usai Euro 2012.

Prestasi terbaik Deschamps kala menukangi negaranya sendiri adalah menjuarai Piala Dunia 2018 Rusia lalu.

Kini, Timnas Prancis dikabarkan sudah memiliki nama pengganti Didier Deschamps, yakni Zinedine Zidane yang rencananya bakal mulai bekerja per Januari 2023 mendatang.