Piala Dunia 2022

Sepak Terjang Timnas AS di Piala Dunia yang Mungkin Tak Banyak Orang Tahu

Rabu, 30 November 2022 15:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Melihat sepak terjang Timnas Amerika Serikat alias USMNT di Piala Dunia. Foto: Instagram@usmnt. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Melihat sepak terjang Timnas Amerika Serikat alias USMNT di Piala Dunia. Foto: Instagram@usmnt.

INDOSPORT.COM - Timnas Amerika Serikat (AS) alias United States Men's National Soccer Team (USMNT) memastikan tiket ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Bersaing dengan Iran, Wales, dan juga Inggris, anak-anak asuh Gregg Berhalter memenagkan laga pamungkasnya di Grup B dengan skor tipis 1-0.

Christian Pulisic tampil sebagai pahlawan gol pada menit ke-38 dan memastikan timnya unggul 1-0 atas sang lawan, Iran.

Kedudukan tersebut bertahan hingga akhir pertandingan dan Timnas AS berhak membawa pulang 3 poin berharga yang mengantarkan mereka ke 16 besar.

Mereka finis di peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan 5 poin, menemani Inggris di peringkat pertama yang meraih 7 poin.

Calon lawan Timnas AS di 16 besar pun sudah diketahui, yakni Belanda yang memuncaki klasemen akhir Grup A. Di sisi lain, Inggris akan berhadapan dengan Senegal.

Berbicara soal timnas sepak bola Amerika Serikat, sepak terjang The Stars and Stripes The Yanks di kancah Piala Dunia sendiri memang tidak terlalu mentereng.

Selain kalah pamor dari negara-negara Eropa dan Amerika Selatan, 'sepak bola' yang bahkan dikenal dengan istilah soccer di sana, bukanlah sepak bola yang dikenal kebanyakan orang di Eropa dan dunia.

Namun soccer di Amerika Serikat sudah berkembang pesat setidaknya dalam dua dekade terakhir. Apalagi, setelah kedatangan David Beckham ke LA Galaxy 2007 lalu.

Orang-orang mulai melirik Major League Soccer (MLS) dan mengenal klub-klub persertanya mulai dari LA Galaxy sampai ‘saudara’ Manchester City, New York City FC.