Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Misteri Gol Kontroversial Jepang vs Spanyol Akhirnya Terjawab?

Sabtu, 3 Desember 2022 16:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Jennifer Lorenzini
Selebrasi pemain Jepang Ao Tanaka merayakan gol ke gawang Spanyol di Grup E Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini. Copyright: © REUTERS/Jennifer Lorenzini
Selebrasi pemain Jepang Ao Tanaka merayakan gol ke gawang Spanyol di Grup E Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Jepang vs Spanyol di partai pamungkas Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (02/12/22) diwarnai isu kontroversial.

Adalah gol Jepang yang dicetak Ao Tanaka ke gawang Unai Simon, sumber utama kegaduhan publik yang kemudian menjadi perbincangan di mana-mana.

Gol kedua Samurai Biru tersebut memang menjadi penentu kemenangan sang wakil Asia dengan skor akhir 2-1 atas Spanyol.

Satu gol lainnya dicetak oleh Ritsu Doan - pemain yang menyamakan kedudukan 1-1 setelah La Roja unggul 1-0 di babak pertama.

Namun siapa sangka, gol Ao Tanaka yang keramat dan sangat bersejarah itu menyimpan cerita lain yang sangat kontroversial.

Bermula dari aksi Ritsu Doan yang menembus pertahanan Spanyol dan mengirim bola yang nampak keluar dari garis lapangan.

Bahkan, sang pemain sendiri sudah sempat memegang kepalanya karena frustrasi melihat upayanya yang gagal.

Akan tetapi, di dekat gawang ada Kaoru Mitoma yang berupaya keras menyelamatkan bola tersebut dan mengirimnya ke dalam kotak penalti.

Ao Tanaka pun dengan sigap menyamber assist dari Kaoru Mitoma dan menceploskan bola ke gawang Timnas Spanyol.

Masalah pun muncul setelah rekaman di tayangan langsung seolah-olah menunjukkan bola dari Kaoru Mitoma sudah telanjur keluar garis sebelum diberikan kepada Ao Tanaka.