Liga Indonesia

Terjun Bebas ke Zona Merah, Pelatih Barito Putera Bersyukur Liga 1 Sempat Ditunda

Sabtu, 3 Desember 2022 10:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Media Officer Barito Putera
Skuat Barito Putera di Liga 1 2022, jelang menghadapi Rans Nusantara FC. Copyright: © Media Officer Barito Putera
Skuat Barito Putera di Liga 1 2022, jelang menghadapi Rans Nusantara FC.

INDOSPORT.COM - Terjun bebas ke zona merah klasemen, pelatih anyar PS Barito Putera, Rodney Goncalves akui bersyukur kompetisi Liga 1 2022/2023 sempat ditunda.

Kompetisi Liga 1 2022/23 ditunda setelah stakeholder sepak bola nasional dituntut untuk melakukan perbaikan, pascatragedi Kanjuruhan yang memakan ratusan korban.

Namun, ketika para pelaku sepak bola merasa rugi atas penghentian Liga 1, pelatih anyar Barito Putera malah mengaku mendapatkan hikmah di balik musibah ini.

Rodney Goncalves bisa memanfaatkan waktu jeda untuk beradaptasi dengan tim. 

Maklum, Rodney Goncalves baru saja resmi ditunjuk sebagai pelatih Barito Putera pada pekan ke-9, dan liga terhenti di pekan ke-11.

Rodney Goncalves baru pertama kali ini melatih tim Indonesia. Apalagi, pelatih asal Brasil itu dituntut untuk membenahi skuad yang sebelumnya diramu Dejan Antonic.

Barito Putera tak mampu berbicara banyak di Liga 1 2022/23. Mereka menatap kekalahan demi kekalahan, hingga terbenam di zona merah, kemudian terancam degradasi.

Dengan beban berat untuk mengangkat prestasi Laskar Antasari di Liga 1, Rodney tentu perlu adaptasi. Maka, ia mengambil sisi positif dari penundaan kompetisi ini.

"Saya akui ada hikmah dari berhentinya Liga 1," blak-blakan Rodney Goncalves.

"Saya jadi memiliki waktu yang sangat baik untuk mengetahui para pemain di sini, dan saya coba memahami potensi yang ada pada diri mereka," ungkap sang pelatih.