Liga Indonesia

Izin Kepolisian Turun, Liga 1 2022/23 Resmi Dilanjut 5 Desember

Sabtu, 3 Desember 2022 06:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus menyampaikan, pihaknya sudah dapat izin dari Kepolisian untuk lanjutan Liga 1 2022. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus menyampaikan, pihaknya sudah dapat izin dari Kepolisian untuk lanjutan Liga 1 2022.

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, menyampaikan pihaknya sudah dapat izin dari Kepolisian untuk lanjutan Liga 1 2022. LIB menerima surat resmi pada Jumat (02/12/22) malam.

Menurut Ferry Paulus, ini adalah kabar gembira yang dinanti klub dan pemain. Sebab, kompetisi sudah vakum selama dua bulan terakhir usai Tragedi Kanjuruhan.

“Ini kabar yang menggembirakan bagi kami dan semua klub Liga 1. Terima kasih kepada Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR, dan Kementerian Kesehatan atas perhatian dan kerjasamanya selama ini,” kata Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

Berdasarkan surat rekomendasi untuk lanjutan putaran pertama Liga 1, kompetisi akan dimulai pada  5 Desember 2022. Semua pertandingan yang tersisa akan dimainkan tanpa penonton.

“Lalu, putaran pertama akan berakhir pada akhir Desember. Pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton di stadion,” ujar Ferry Paulus.

Lanjutan Liga 1 2022/2023 akan dilaksanakan dengan sistem bubble. Enam laga tersisa digelar di Bantul (Stadion Sultan Agung), Sleman (Stadion Maguwoharjo), Magelang (Stadion M. Soebroto), Solo (Stadion Manahan) dan Semarang (Stadion Jatidiri).

Liga 1 2022/23 dijadwalkan harus selesai pada 16 April 2023. Itu karena Indonesia harus bersiap untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei 2023 dan hal tersebut sudah diimbau oleh FIFA.

Apabila lanjutan Liga 1 tidak dilanjutkan pada Desember nanti, LIB mengklaim pihaknya akan kesulitan menyelesaikan kompetisi tepat waktu

Sejumlah klub peserta Liga 1 pun mulai berangkat ke Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk mempersiapkan diri. Mereka antusias karena bisa mulai berkompetisi secara reguler.