In-depth

Ada Eks Liverpool dan AC Milan, 3 Pemain Keturunan India yang Punya Cerita dengan Klub Eropa

Minggu, 4 Desember 2022 21:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© CARLO BARONCINI/AFP via Getty Images
Vikash Dhorasoo saat masih bermain di AC Milan. Foto: CARLO BARONCINI/AFP via Getty Images. Copyright: © CARLO BARONCINI/AFP via Getty Images
Vikash Dhorasoo saat masih bermain di AC Milan. Foto: CARLO BARONCINI/AFP via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola memang tidak banyak mengenal pemain-pemain keturunan asal India yang bermain di klub Eropa macam Liverpool dan AC Milan.

Kebanyakan hanya mengetahui pemain-pemain ‘asli’ India yang lebih banyak eksis di tim nasional dan berlaga di liga nasional.

Jika harus menyebut satu yang paling populer, tentu saja Sunil Chhetri. Di usianya yang saat ini sudah 38 tahun, ia masih jadi andalan di Timnas India dan klubnya, Bengaluru.

Sepanjang kariernya, ia sudah pernah merasakan gelar Indian Super League - di tengah menjamurnya penggemar kriket di negara Asia Selatan tersebut.

Secara individu, Sunil Chhetri juga masuk lima besar pemain dengan gol internasional terbanyak di bawah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Ya, Sunil Chhetri adalah putra asli India yang berhasil membuat negaranya sedikit dikenal publik sepak bola internasional.

Namun di sisi lain, ada juga para pemain keturunan di luar sana yang menyandang kata “India” di balik profilnya. Bahkan, beberapa di antara mereka pernah bermain untuk Liverpool dan AC Milan.

Lantas, siapa saja pemain-pemain tersebut? Berikut ulasannya.

Neil Tylor

Memiliki nama ala barat, sosok yang satu ini lahir dari pasangan ayah Wales dan ibu India. Ia bahkan memulai karier sepak bolanya di klub Liga Inggris, Manchester City.

Akan tetapi, ia hengkang dari sana di usia 15 tahun dan pindah ke Wrexham City. Sepanjang kariernya, Neil Tyler hanya membela klub-klub Inggris seperti Aston Villa, Swansea, dan Middlesbrough.